Mengenal Penyakit Trikomoniasis, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Mengenal Penyakit Trikomoniasis, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit protozoa, yang disebut Trichomonas vaginalis. Seperti penyakit menular seksual lainnya, trikomoniasis juga menyerang area genital. Jika pada laki-laki, parasit ini menginfeksi area uretra, dan vagina adalah tempat yang umum terinfeksi parasit ini pada wanita.

Pada wanita, penyakit ini menunjukkan gejala keputihan yang tidak biasa, jika tidak segera ditangani maka trikomoniasis dapat meningkatkan risiko tertular HIV. Dan pada wanita hamil dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. 

Trikomoniasis dapat disembuhkan dengan pengobatan resep dokter. Orang yang sedang dalam pengobatan trikomoniasis tidak diperbolehkan melakukan aktivitas seksual hingga perawatan selesai.

Menjalani pola hidup yang sehat, menjaga kebersihan area vital, tidak melakukan seks bebas, adalah pencegahan terbaik daripada mengobati. Karena bukan tidak mungkin orang yang telah sembuh dari trikomoniasis dapat terserang penyakit ini lagi, atau dengan kata lain orang masih rentan terhadap infeksi ulang.

Related

Health 1464072853729754018

Recent

item