Mandela Effect, dari Kekacauan Otak Sampai Dunia Pararel

Mandela Effect, dari Kekacauan Otak Sampai Dunia Pararel

Naviri Magazine - Salah satu lukisan terkenal di dunia adalah lukisan Monalisa yang dibuat oleh Leonardo DaVinci. Lukisan itu sangat terkenal, karena direproduksi dalam berbagai media, hingga terdapat di mana-mana, dan bisa dilihat siapa pun. Kita pun pasti telah atau pernah melihat lukisan itu. Nah, sekarang pikirkan dan ingat, apakah Monalisa dalam lukisan itu tampak tersenyum datar, atau tersenyum simpul?

Mayoritas orang kemungkinan besar akan mengatakan bahwa Monalisa dalam lukisan itu tersenyum datar, tanpa ekspresi. Namun, jika kita lihat lukisan itu sekarang, kita akan mendapati bahwa ternyata Monalisa dalam lukisan itu sedang tersenyum simpul.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Itu merupakan contoh atas suatu fenomena yang disebut Mandela Effect.

Mandela Effect adalah suatu istilah untuk sekolompok orang yang keliru dalam mengingat suatu hal. Istilah Mandala Effect muncul ketika Fione Broom, seorang penggemar paranormal, menyadari bahwa ia bukanlah satu-satunya orang yang salah mengira bila mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, telah meninggal pada tahun 80an di penjara, meski kenyataannya Nelson Mandela meninggal pada tahun 2013. 

Mengapa Mandela Effect bisa terjadi? Ada beberapa teori yang berkembang untuk menjelaskan fenomena ini.

1. Dunia Parrarel

Beberapa orang percaya bahwa ini adalah bukti dari dunia pararel. Mereka percaya memori otak kita tercampur aduk dengan memori kita di dunia yang lain. Apa yang kita ingat menurut mereka tidaklah salah, akan tetapi itu merupakan memori dari kita yang lain. 

Mungkin terjadi seperti guncangan antar dimensi yang kita tidak mengerti, yang mengakibatkan memori kita tercampur dengan memori kita di bumi yang lain. 

2. Penjelajah waktu (Time traveller)

Para penjelajah waktu datang dari masa depan dan menyebabkan pergeseran ruang dan waktu. Sehingga terjadi perubahan pada beberapa hal, salah satunya pada memori kita. Selain itu, ada juga pendapat bahwa para penjelajah waktulah yang mengubah semua ini, untuk kepentingan rahasia. Mungkin untuk suatu percobaan mengenai suatu hal. 

3. Alien

Alien datang ke bumi, lalu melakukan percobaan pada otak kita. Mengubah memori yang ada, lalu mengubah dengan memori yang lain. Mereka mengubah memori yang sederhana agar tdak terjadi kepanikan besar di bumi. 

Misi mereka adalah untuk mempelajari manusia agar mereka bisa menjadi ras terkuat. Bagus ini untuk dijadikan cerita di film.

4. Sains

Kesalahan otak dalam mengingat. Hal seperti ini tentu saja sering terjadi pada kita. Bahkan untuk hal yang baru tejadi satu menit lalu saja kita bisa lupa, apalagi dengan yang sudah lama kita ingat? 

Mungkin ingatan kita tercampur aduk dengan keseharian kita, sehingga apa yang kita yakini benar sebenarnya salah. De javu adalah salah satu contohnya. 

Related

Science 4223793783830334340

Recent

item