5 Alasan Kenapa Kita Sebaiknya Tidak Meremehkan Orang Lain

5 Alasan Kenapa Kita Sebaiknya Tidak Meremehkan Orang Lain

Berteman dengan orang yang suka meremehkan orang lain tentu menimbulkan kekesalan. Karena memang bukan hanya orang lain saja yang diremehkannya, tapi kamu yang temannya pun bisa diremehkan. 

Berhubung karena kamu tahu betapa sakitnya diremehkan, kamu pun jangan meremehkan orang lain. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus berhenti meremehkan orang lain dari sekarang. 

1. Kamu tak pernah tahu takdir seseorang

Orang yang diremehkan bisa saja berada di situasi sulit untuk saat ini. Tapi, kamu tak pernah tahu apa yang akan terjadi padanya hari esok. Bisa jadi dia mendapat durian runtuh yang membuat nasibnya berubah drastis.

Lebih baik simpan energi dan waktumu untuk hal-hal yang lebih berguna. Hal-hal yang pastinya bisa membuat hidupmu jauh lebih baik dari hari ini. 

2. Kerja keras bisa mengubah kehidupan seseorang

Dia hidup dari keluarga pas-pasan? Sama sekali tak jadi masalah. Bila dia bekerja keras, suatu hari kehidupannya akan berubah lebih baik. Bahkan jauh lebih baik dari kehidupanmu yang sekarang.

Itu sebabnya kamu tak boleh asal meremehkan orang lain. Kenali dulu siapa orang yang mau kamu remehkan. Jangan nanti kamu yang jadi diremehkan olehnya. 

3. Kamu bisa seperti sekarang juga bukan karena kerja kerasmu

Sebelum kamu meremehkan orang lain karena dia tak sebanding denganmu, lebih baik berkacalah. Kamu bisa seperti sekarang juga bukan karena kerja kerasmu, tapi kerja keras orang tuamu. Jadi, jangan sombong!

Daripada meremehkan orang lain, lebih baik manfaatkan waktumu untuk bersyukur atas apa yang kamu punya. Bila perlu, perbanyak memberi supaya yang ada padamu semakin ditambahkan oleh Yang Kuasa.

4. Orang tak bisa memilih lahir di keluarga mana

Kalau seseorang bisa memilih dari keluarga mana dia dilahirkan, dia pasti memilih keluarga konglomerat, yang hartanya tak akan habis hingga tujuh keturunan. Sayangnya, dia tak bisa memilih. Makanya, jangan pernah meremehkan seseorang yang hidupnya susah.

Coba bayangkan kalau seandainya kamu ada di pihaknya, dan orang lain meremehkanmu habis-habisan, sakit hati, kan? So, mulailah menghargai semua orang, siapa pun dan seperti apa pun keadaannya. 

5. Orang punya keahlian yang belum tentu kamu miliki

Kamu mau meremehkan seseorang karena dia tidak pintar Matematika? Sebaiknya jangan, karena dia juga punya keahlian yang kamu tidak miliki. Dan kalau dia mengajakmu bersaing, kamu pasti kalah. 

Gunakanlah skill yang kamu punya untuk memperkaya atau memperbaiki hidupmu, bukan untuk dipamerkan. Tak ada gunanya juga, karena orang yang lebih pintar dari kamu juga pasti banyak.

Related

Psychology 5825174522425543843

Ads

Topic

Recent

item