Asal Usul Energy Bar, Makanan Andalan Para Pendaki untuk Tetap Berenergi

Asal Usul Energy Bar, Makanan Andalan Para Pendaki untuk Tetap Berenergi

Naviri Magazine - Energy bar adalah makanan atau kudapan yang banyak diandalkan para pendaki gunung atau penjelajah alam di seluruh dunia. Makanan ini merupakan campuran antara gula, sirup glukosa, air, dan minyak peppermint. Yang menjadikannya populer di kalangan para pendaki, energy bar mampu memberi energi secara praktis, dengan kandungan glukosa yang dimilikinya.

Energy bar juga ikut memberikan kontribusi atas keberhasilan tim pendaki pertama yang menaklukkan Gunung Everest. Bagaimana kudapan yang praktis dan bermanfaat ini bisa tercipta?

Kabarnya, energy bar pertama terbentuk secara kebetulan di Kota Kendal, Inggris. Pada tahun 1869, seorang pria bernama Joseph Wimer sedang dalam proses membuat permen, dan dia mendiamkan campuran gula terlalu lama hingga mengeras.

Jadilah namanya Kendal Mint Cake dan masih eksis hingga kini. Meski sudah banyak pabrik berinovasi, bahan utamanya masih sama: gula, sirup glukosa, air, dan minyak peppermint.

Saat tahun 1953, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pun memakannya dalam usaha mereka untuk menjadi tim pertama yang mendaki Gunung Everest. Adalah produsen Romney's yang membuatkan Kendal Mint Cake untuk tim tersebut, dengan versi yang dibuat dengan gula merah.

Kendal Mint Cake konsisten populer di kalangan para pendaki, pengendara sepeda, hingga pelari. Kandungan glukosanya yang tinggi membuat santapan ini cepat dicerna oleh tubuh, sekaligus merupakan sumber energi praktis.

Related

Food 557259858116467550

Ads

Topic

Recent

item