Selain Rutin Gosok Gigi, 10 Makanan Ini juga Menunjang Kesehatan Gigi

Selain Rutin Gosok Gigi, 10 Makanan Ini juga Menunjang Kesehatan Gigi

Naviri Magazine - Agar makanan yang kita makan bisa dicerna tubuh dengan baik, kita membutuhkan gigi untuk mengunyah dan menghaluskannya saat makanan tersebut ada dalam mulut. Dalam proses itu, selalu ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. 

Ketika sisa-sisa makanan tersebut bersatu dengan bakteri yang juga ada dalam mulut, maka terbentuklah plak. Plak kemudian memproduksi asam yang merusak email gigi, menyebabkan gigi berlubang, hingga masalah gusi.

Karena hal itulah, kita pun disarankan untuk rajin menyikat dan membersihkan gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal, sekaligus untuk mencegah terjadinya masalah yang bisa timbul. 

Selain rajin membersihkan gigi untuk menjaga kesehatannya, ada makanan-makanan yang juga baik dikonsumsi untuk ikut menunjang kesehatan gigi. Berikut ini di antaranya.

Teh hijau dan teh hitam

Teh hijau dan teh hitam mengandung polifenol yang berfungsi memperlambat pertumbuhan bakteri dalam mulut yang menyebabkan lubang pada gigi dan penyakit gusi. 

Penelitian di University of Illinois menemukan bahwa orang yang membersihkan mulut dengan teh hitam selama satu menit sebanyak 10 kali sehari memiliki plak yang lebih sedikit, dibandingkan mereka yang membersihkan mulutnya dengan air.

Keju 

Keju, khususnya keju cheddar, bisa menetralisir plak. Kenyataan itu diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal General Dentistry, yang melaporkan bahwa anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar memiliki level asam lebih rendah di mulut mereka, dibandingkan anak-anak yang mengonsumsi yoghurt bebas gula atau segelas susu. 

Kismis 

Gula yang kita konsumsi membantu bakteri untuk menempel pada permukaan gigi, dan membuat mereka memproduksi plak. Meski manis, namun kismis manis secara alami, dan tidak mengandung sukrosa atau gula buatan. 

Selain itu, kismis merupakan sumber phytochemicals yang membantu membunuh bakteri yang melubangi gigi. Sebagian komponen dalam kismis juga mempengaruhi pertumbuhan bakteri yang berkaitan dengan penyakit gusi.

Wortel, apel, dan mentimun

Mengunyah wortel atau apel mungkin membutuhkan energi, karena tidak seempuk roti. Namun, energi yang dikeluarkan untuk mengunyah wortel atau apel tidak akan terbuang sia-sia, karena mengunyah makanan tersebut sama dengan membersihkan plak gigi, dan membantu mekanisme pembersih gigi sehingga bakteri akan lenyap. Mentimun juga memiliki fungsi yang serupa.

Makanan kaya vitamin 

American Dental Association menyatakan, makanan yang mengandung kalsium semacam keju, almond, dan daun-daunan hijau, bisa membantu menjaga kesehatan email gigi sehingga tetap kuat dan sehat. Manfaat serupa juga bisa diperoleh dari makanan yang kaya fosfor seperti daging, telur dan ikan.

Permen karet tanpa gula 

Permen karet yang bermanfaat menjaga kesehatan gigi adalah permen karet tanpa gula, karena bakteri bergantung pada sukrosa untuk memproduksi plak. Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan dapat meningkatkan sekresi air ludah, yang berfungsi membersihkan sejumlah bakteri dalam mulut.

Susu

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dental Association menemukan bahwa mengonsumsi segelas susu bisa menurunkan level asam di mulut, dibandingkan mengonsumsi air biasa atau jus apel.

Cranberry 

Sebagaimana teh, buah cranberry juga mengandung polifenol yang membantu menjauhkan plak sehingga tidak menempel di gigi, serta menurunkan risiko gigi berlubang.

Related

Health 9056345777012283627

Ads

Topic

Recent

item