Hal-hal yang Perlu Diingat Sebelum Terlalu Percaya Pada Orang Lain

Hal-hal yang Perlu Diingat Sebelum Terlalu Percaya Pada Orang Lain

Mungkin, dulu kita mikir kalau yang namanya “teman” itu patut dipercaya. Gimana gak? Orang kayaknya kita hampir tiap hari ngobrol dan ngabisin waktu bareng sama mereka, kok! 

Kita pun sering curhat soal apa pun ke mereka, mulai dari masalah keluarga, pacar, sampe hal-hal yang sifatnya personal banget. Kita percaya kalo mereka bisa jadi tempat berkeluh kesah yang cocok.

Sayangnya perlahan-lahan, mungkin karena pengalaman buruk, kita justru malah selektif dalam milih temen, karena mulai ngerasa orang-orang yang kita anggap “temen” ini suka cepuin kita ke orang lain atau bahkan manfaatin kita!

Sederhananya, kita jadi tau kalo “teman” itu bisa aja berubah jadi “lawan”.

Sebenernya, terlalu percaya sama orang lain punya efek buruk juga, lho! Misalnya kayak…

1. Bikin kita gampang dimanfaatin!

Pernah gak sih ngerasa kasian banget gitu sama orang yang minta bantuan ke kalian? Kita pun bantu dia. Sayangnya, kalian jadi terus-terusan ngedahuluin kepentingan orang lain ketimbang kalian sendiri. Ini bikin temen gampang buat manfaatin kalian.

2. Bikin kamu ngidap toxic positivity

Kalian gak akan nganggap kalo perlakuan buruk temen ke kalian sebagai hal yang buruk. Malah, kalian bakalan terus positive thinking sama mereka, even kalian tau kalo perlakuan temen itu salah dan nyakitin kalian!

3. Rentan dikecewain dan sedih

Ekspektasi kita ke temen pastinya nganggap kalo mereka baik-baik dan bisa dipercaya. Tapi pas kita tau ternyata temen kita punya sifat sebaliknya, kita jadi kecewa dan akhirnya ngerasa sedih.

Contoh lain yang mungkin pernah kejadian ke diri kita adalah temen yang suka cepuin aktivitas kita di medsos. Misal, dengan nyeritain story buat close friend kita ke orang lain. Atau yang lebih parah, ada yang sampe pake data pribadi kita buat dapetin pinjol!

Intinya sih, kita gak boleh terlalu percaya sama orang lain, dan jangan terlalu oversharing hal-hal personal ke medsos!

Tanda yang perlu diingat sebelum terlalu percaya sama orang lain:

Kita selalu ada pas mereka butuh, tapi mereka gak demikian. Temen yang kayak gini biasanya cuma manfaatin kita doang, nih.

Temen kita suka bohong. Kalo sekali-dua kali mungkin kita masih bisa maklum, tapi kalo berkali-kali, jangan dulu percaya sama mereka, deh!

Suka cepuin kita. Perhatiin kalo misalkan rahasia yang kita share ke temen itu ada yang bocor.

Suka jelek-jelekin kita di belakang. Yah, ini mah udah red flag banget, sih. Pokoknya fix orang ini gak bisa kita percaya!

Mungkin kita juga harus notice perasaan nyesel kalo kita terlalu oversharing sama orang lain, bisa jadi itu tanda kalo kita terlalu gampang percaya sama orang.

Intinya sih percaya ke orang lain itu gak apa-apa, bahkan ada kalanya ya baik! Cuma yang perlu kalian perhatiin adalah kadar kepercayaannya gak boleh terlalu bablas. Gampang percayaan ke orang lain juga ngasih dampak buruk ke hidup kita, kayak jadi mudah dimanipulasi dan dimanfaatin.

Related

Psychology 6175984186083258122

Ads

Topic

Recent

item