Mengapa Persahabatan Bisa Menjadi Permusuhan? Ini 5 Penyebabnya

Mengapa Persahabatan Bisa Menjadi Permusuhan? Ini 5 Penyebabnya

Persahabatan merupakan bagian yang cukup penting perannya dalam hidup. Namun, kita sering kali abai akan beberapa hal penting, khususnya sahabat yang bisa menjadi musuh kapan saja dan di mana saja. 

Nyatanya, kamu harus lebih waspada akan hal ini, karena sedikitnya ada lima tanda jika sahabat kamu berpotensi menjadi musuh besarmu. 

1. Sering menunjukkan sikap iri secara berlebihan

Sikap iri hati memang sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang, perannya bahkan dianggap bisa menumbuhkan semangat dan motivasi untuk menjadi yang terbaik. 

Namun, rasa iri hati bisa menjadi ancaman besar dalam hubungan pertemananmu. Dari yang awalnya teman akrab, bisa menjadi musuh besar jika rasa iri hati tersebut tidak terkontrol dengan baik. 

2. Kamu dan temanmu sama-sama menyukai orang yang sama

Hubungan percintaan sering kali menjadi perusak dalam hubungan pertemanan, bahkan bisa menjadikan pertemanan sebagai permusuhan yang memanas dan penuh persaingan tidak sehat. 

Contohnya jika kamu dan temanmu menyukai orang yang sama. Ini bisa menjadi ancaman besar bagi pertemananmu, jangan terlalu abai akan hal ini. 

3. Ada banyak perubahan besar yang terjadi pada sahabatmu

Setiap orang memang bisa berubah kapan saja tanpa kita sadari. Namun, hal ini bisa bersifat positif dan juga bisa bersifat negatif, tergantung perubahannya ke arah yang baik atau buruk. 

Namun, perubahan sikap dalam hubungan pertemanan bisa menjadi ancaman yang nyata. Perubahan tersebut bisa menjadi pemicu dari permusuhan hebat, apalagi perubahannya bersifat merugikan. 

4. Sahabatmu membuat kesalahan fatal yang membuatmu benci

Pertemanan memang dipenuhi dengan simpati dan juga kasih sayang, yang ditunjukkan sebagai bukti solidaritas. Namun, persahabatan tidak akan pernah lepas dari kesalahan demi kesalahan. 

Rasa simpati dan kasih sayang bisa berubah menjadi rasa benci di saat ada kesalahan fatal yang terjadi. Alhasil, hal ini dapat memicu permusuhan antar pertemanan, bahkan dampaknya bisa sangat besar. 

5. Persahabatanmu penuh kebohongan di dalamnya

Kita semua sadar bahwa setiap orang punya rasa benci yang sama terhadap kebohongan, termasuk dalam hubungan pertemanan. Kebohongan itu sifatnya membalikkan fakta yang ada, sekalipun hasilnya mungkin manis. 

Alhasil, persahabatan yang dipenuhi kebohongan demi kebohongan di dalamnya dapat memicu permusuhan besar. Dibohongi itu rasanya sangat tidak enak, bahkan bisa membuatmu merasa tidak pantas dipercaya. 

Persahabatan memang tidak pernah lepas dari permasalahan, bahkan sampai ada yang memicu permusuhan. Lima tanda di atas diharapkan bisa menjadikanmu pribadi yang lebih berhati-hati dalam berteman, agar tidak terjadi pertikaian yang merugikan. 

Related

Relationship 3145306932934940956

Ads

Topic

Recent

item