YouTube Ubah Aturan Soal Hak Cipta, Ini Dampaknya bagi Pemilik Kanal

YouTube Ubah Aturan Soal Hak Cipta, Ini Dampaknya bagi Pemilik Kanal

YouTube melakukan perubahan lagi terkait aturan hak cipta. Sekarang mereka tidak lagi mengizinkan pemegang hak cipta untuk merebut penghasilan kreator hanya karena ada klip musik muncul dalam video secara tidak sengaja atau dalam waktu singkat.

Jadi jika dalam sebuah video ada potongan lagu 5 detik atau suara radio dari mobil yang lewat, label musik tidak bisa lagi melakukan klaim manual dan merebut penghasilan dari video itu. Tapi video pendek yang berisi musik mereka tanpa izin, masih bisa diklaim.

Hasilnya adalah, dalam jangka pendek, akan lebih banyak video yang diblokir, tulis YouTube.

Langkah ini diambil YouTube karena ada banyak perusahaan musik yang terlalu agresif memaksakan klaim hak cipta. “Salah satu tren yang kami lihat adalah klaim manual yang agresif untuk sebuah klip musik yang sangat pendek yang digunakan dalam video yang dimonetisasi,” tulis YouTube dilansir dari Engadget.

“Klaim mereka bisa terasa tidak adil, karena mereka mentransfer semua penghasilan dari kreator ke pengaju klaim, tidak peduli berapa durasi musik yang diklaim,” lanjut YouTube.

Dengan menghapus insentif uang, YouTube percaya jika pemilik musik tidak akan mengejar konten yang sebenarnya tidak melanggar. Tapi, bisa jadi ada dampak lainnya. Misalnya label musik memilih memblokir lebih banyak video. Inilah dampak yang diperkirakan YouTube. Untuk menegakkan aturan baru ini, label atau pemegang hak cipta yang kerap melanggar tidak akan bisa mengklaim manual.

Perubahan baru ini tidak akan berdampak pada musik yang terdeteksi sistem Content ID YouTube. Sistem ini adalah sistem yang paling kerap mendeteksi pelanggaran pemakaian musik berhak cipta di situs itu.

“Seperti biasa, cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah tidak menggunakan konten tidak berlisensi pada video kalian, bahkan sekalipun musik itu terputar secara tidak sengaja di latar belakang,” terang YouTube.

“Lebih baik memilih konten dari pihak-pihak terpercaya seperti YouTube Audio Library, yang memiliki lagu baru setiap bulannya,” lanjut perusahaan itu.

Related

Internet 4183689733674521346

Ads

Topic

Recent

item