Nintendo, Perusahaan Game yang Berawal dari Jualan Kartu


Naviri Magazine - Nintendo melewati perjalanan panjang sebelum akhirnya dikenal sebagai perusahaan penghasil game seperti sekarang. Dari jualan kartu permainan sampai berbisnis taksi dan menghasilkan beras cepat saji, akhirnya Nintendo menemukan takdirnya sebagai penghasil game terkenal.

Nintendo didirikan pada tahun 1889. Kemudian dikenal sebagai Nintendo Koppai, dan produk utamanya adalah permainan kartu. Kartu permainan Nintendo Koppai menjadi hit di Jepang, dan kebanyakan digunakan untuk perjudian oleh Yakuza dan sindikat Mafia Jepang lainnya.

Karena permainan kartu dianggap kurang punya prospek di masa depan, Nintendo mencoba mencari sumber penghasilan lain. Mereka membuat perusahaan taksi dan perhotelan. Nintendo juga memproduksi beras cepat saji dan penyedot debu, namun semuanya gagal. 

Ketika berada di ambang kebangkrutan, Nintendo diselamatkan oleh mainan Ultra Hand yang sangat sukses di pasaran. Mainan ini seperti perpanjangan lengan, dan memungkinkan orang mengambil/memungut benda-benda yang berada di luar jangkauan lengan mereka.

Nintendo kemudian menaruh minat pada industri game, saat menjadi distributor resmi Magnavox Odyssey di Jepang, yang merupakan konsol game pertama di dunia. 

Kemudian, mereka fokus untuk membuat game konsol sampai tahun 1983, ketika merilis game konsol pertama yang disebut Family Computer (Famicom), yang kemudian diganti namanya menjadi Nintendo Entertainment System (NES).

Related

Business 7734495091665116812

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item