Terkuak Lagi Dosa-dosa Lama Rafael Alun Trisambodo, Ayah Mario Dandy


Akibat kasus penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora, semakin terkuak dosa-dosa lama Rafael Alun Trisambodo. Ayah Mario Dandy yang eks pejabat Ditjen Pajak kini masih terus disidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hartanya yang berlimpah ruah tidak sebanding dengan gajinya sebagai pejabat pemerintah.

Kabar terbaru, Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy, ditetapkan sebagai tersangka penerimaan Gratifikasi. Rafael Alun Trisambodo terjerat Pasal 12 huruf B UU No. 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tipikor. Jika benar, maka ayah Mario Dandy ini terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Sebenarnya sudah sejak lama Rafael Alun Trisambodo punya banyak kasus. Tidak jauh dari suap menyuap dan korupsi. Dosa-dosa itu dibuat viral kembali oleh akun Twitter @logikapolitikid. Ayah Mario Dandy, si penganiaya David Ozora ini melakukan segala cara agar dapat bergaya hidup hedon bersama keluarganya.

Akun @logikapolitik dengan nama Pablo, nama anjing Mario Dandy, menyoroti perjalanan karir Rafael Alun Trisambodo di Ditjen Pajak. Menurutnya, harta Rafael Alun Trisambodo mulai membengkak sejak 2020. Tapi sebelumnya, ayah Mario Dandy ini sering terseret kasus.

“Tahun 2012/2013. Tahun 2014/2015. Tahun 2017. Tahun 2018. Tahun-tahun di mana Rafael Alun Trisambodo berurusan dengan hukum. Tapi waktu itu selalu lolos karena duitnya memang nggak ada serinya,” tulis @logikapolitikid. Diunggah pula foto Rafael Alun Trisambodo bersama istrinya, Ernie Meike, sedang berlibur ke Paris.

Rafael Alun Trisambodo terlibat kasus pemerasan terhadap wajib pajak pada 2012-2013.

“Waktu itu Rafael Alun Trisambodo, ibunya, istri, dan kakak beradik kandung serta para iparnya dipanggil ke Kejaksaan Jakarta. Namun Kasus itu hilang, nggak sampe ke telinga jurnalis karena Rafael Alun Trisambodo membungkamnya dengan 10 eMber,” tulis @logikapolitikid.

Rafael Alun Trisambodo dipanggil KPK tahun 2014-2015 atas laporan harta tak wajar. Tapi tidak dilanjut, sebab KPK dipimpin teman seangkatan Rafael Alun Trisambodo di STAN. Tentu pernah dengar nama Alexander Marwata yang belum lama juga viral.

Pada Juni 2016 Rafael Alun Trisambodo menjabat sebagai Kepala KPP Penanaman Modal Asing Dua di kantor Ditjen Pajak Kalibata. Selama itu Rafael Alun Trisambodo melakukan pemerasan secara halus. Dia hanya terima setoran, anak buahnya yang bermain.

Sejak itu kehidupan hedon dinikmati keluarga Rafael Alun Trisambodo. Istrinya, Ernie Meike, ibu Mario Dandy, sering mondar-mandir ke luar negeri. Memborong barang-barang mewah, pesta-pesta. Tentu saja semua ini dinikmati pula oleh Mario Dandy, si penganiaya David Ozora.

Tahun 2017 Rafael Alun Trisambodo sudah pernah dibidik KPK karena kasus Gratifikasi pejabat Ditjen Pajak Handang Soekarno. Rafael Alun Trisambodo dipanggil karena diendus ikut kebagian Gratifikasi berupa Toyota Hardtop. Hadiah ini diberikan Handang Soekarno karena Rafael Alun Trisambodo memuluskan Gratifikasi terhadap Geng Handang.

Waktu itu Rafael Alun Trisambodo masih di bawah eselon 2, sehingga tidak diproses KPK. Dianggap bukan penyelenggara negara. Kasus tadi hanya diserahkan ke Kemenkeu. Lalu menguap.

Pada Januari 2018, Rafael Alun Trisambodo dipanggil Polda Jateng untuk kasus pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan. Menurut akun @logikapolitikid, ini merupakan kasus pribadi yang melibatkan istrinya dengan chef, Hariyono Wiriyanto alias Ahong. “Kasus ini di-SP3 pada Mei 2018 lagi-lagi dengan kekuatan uang,” tulisnya.

Kemudian, Agustus 2020 Rafael Alun Trisambodo ditugaskan sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan 2. Sebenarnya ini penurunan jabatan. Anehnya, justru Rafael Alun Trisambodo semakin tajir.

“Rafael Alun Trisambodo malah rajin belanja mobil & moge. Mulai TLC terbaru tahun 2020, motor Triumph, Harley Davidson, Rubicon, Innova, alat-alat fitness,” lanjut akun @logikapolitikid.

Hingga saat ini Rafael Alun Trisambodo belum menanggapi unggahan viral ini. Dia hanya pernah mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya heran karena kasus yang saat ini ditangani KPK kembali diungkit. Padahal dia sudah mengklarifikasi hal itu sejak beberapa tahun lalu.

Sejak 2020 sampai 2023 itulah keluarga Rafael Alun Trisambodo hidup hedon luar biasa. Mario Dandy pun ikut berlagak dengan Rubicon dan Harley Davidson. Karena melihat ayahnya yang sering lolos dari jerat hukum, Mario Dandy menganggap bisa meneladani sang ayah, Rafael Alun Trisambodo.

Salah satunya, kabur tidak bayar bensin di SPBU dan tetap lolos dari sanksi hukum. Terakhir, menganiaya David Ozora dan menyebarkan videonya. Tapi kini, ayah dan anak ini mungkin tidak bisa lepas lagi.

Related

News 1408946087986386047

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item