Yamaha Aerox Dapat Penyegaran, Kini Dilengkapi Traction Control


Yamaha Aerox 155 di India mendapat sentuhan anyar berupa penambahan fitur kontrol traksi (traction control system) serta penyegaran warna.

Ini merupakan fitur keselamatan yang mencegah ban kehilangan traksi saat melewati jalan licin. Fitur ini dapat membantu kebanyakan pengendara yang mengalami kehilangan daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan, dan biasanya akan panik sehingga malah membuka gas tanpa kontrol.

Saat kondisi itu terjadi, ban akan kehilangan traksi yang akhirnya membuat sepeda motor tergelincir. Di Indonesia, skutik kategori Maxi Yamaha yang sudah dibenamkan fitur tersebut adalah Nmax saat generasi anyar dirilis 2020.

Fitur baru pada Aerox di India ini menambah sistem keselamatan lain yang sebelumnya sudah tersemat, yaitu pengereman model Antilock Braking System (ABS).

Kemudian secara tampilan, Aerox anyar di India ini tidak berubah. Semua terlihat sama keseluruhan dari sisi desain, atau mirip dengan model yang dijual di Indonesia. Ukuran motor juga sama yaitu panjang 1.980 mm, lebar 700 mm, tinggi 1.150, serta jarak terendah ke tanah 143 mm.

Mengenai mesin, dapur pacunya pada model anyar di India tidak berubah yaitu 155 cc yang bisa menghasilkan 15 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Untuk India, mesin Aerox 155 disetel untuk menerima bensin E20. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan sama dengan mesin Aerox pada pasar Indonesia.

Varian baru di India ini juga sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, ruang penyimpanan depan dengan soket pengisi daya USB, dan penyimpanan bawah jok 25 liter, serta konektivitas Y-Connect.

Yamaha di India membanderol model anyar Aerox dengan harga 142.800 rupee atau sekitar Rp25 jutaan, mengutip laporan Paultan.

Belum bisa dipastikan apakah ubahan baru pada Aerox ini juga akan dibawa ke pasar Indonesia atau tidak. Yamaha Indonesia belum memberi keterangan lebih jauh mengenai hal tersebut.

Related

Automotive 7049901098538655503

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item