Sejarah dan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023


Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day 2023 mengusung tema utama melawan sampah plastik.

Tema ini menjadi pengingat bahwa perlakuan manusia terhadap plastik sangat berpengaruh pada lingkungan, utamanya penggunaan plastik sekali pakai.

Plastik dapat menyerap ke dalam lautan, tanah, dan hutan serta menyebabkan kerusakan jangka panjang pada lingkungan yang tak dapat diperbaiki.

Hari ini dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong upaya pelestarian lingkungan. Tahun ini juga menandai peringatan ke-50 Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah platform global terbesar untuk penjangkauan publik akan lingkungan hidup dan dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Pada tahun 2023, acara ini diselenggarakan oleh Pantai Gading," demikian kutipan dari situs web Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP), perayaan ini pertama kali diadakan oleh PBB pada tahun 1972 dalam Konferensi Stockholm tentang lingkungan hidup. Sejak saat itu, perayaan ini telah diselenggarakan di berbagai kota yang tersebar di seluruh dunia.

UNEP menyerukan upaya yang lebih besar untuk membatasi limbah dan mendorong transisi menuju ekonomi sirkular. Badan internasional ini juga merilis 'Panduan Praktis Melawan Polusi Plastik' yang bisa diikuti masyarakat.

UNEP juga menyerukan agar unggahan di media sosial dibagikan dengan tagar kampanye #BeatPlasticPollution.

Perhatian akan sampah plastik ini bukannya tanpa alasan. Meningkatnya penggunaan plastik yang berujung menjadi polusi di daratan dan lautan membuat PBB memilih fokus mengangkat dan menyelesaikan isu sampah plastik.

Related

News 6633452351983371626

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item