Berbagai Upaya Mengatasi Sampah Makanan di Indonesia


Aksi-aksi mengurangi sampah pangan sebetulnya sudah sering disuarakan dan dicontohkan oleh para pegiat lingkungan. Mulai dari ajakan untuk konsumsi pangan secukupnya, hingga sosialisasi teknik daur ulang sampah. Beberapa contoh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sampah makanan seperti di bawah ini.

Pada saat memulai gerakan pada tahun 2017, Food Cycle hanya fokus pada distribusi surplus makanan yang kerap ditemui dalam hajatan-hajatan besar. Makanan yang masih layak dikonsumsi dan belum tersentuh dikumpulkan lalu dikemas ulang dan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Seiring berjalannya waktu, sumber makanan yang dikumpulkan Food Cycle semakin beragam dengan adanya donasi dari perusahaan-perusahaan FMCG (Fast-moving consumer goods), dan mereka memutuskan menjalankan beberapa program yang lebih luas lagi, salah satunya adalah Bread Rescue. 

Program ini merupakan kerja sama dengan mitra pembuat roti, yang biasanya berhadapan dengan masalah pendeknya jangka waktu layak konsumsi. Sebelum tiba masa kedaluarsanya, sisa roti diberikan kepada Food Cycle, yang kemudian menyalurkannya kepada masyarakat. Selain itu Food Cycle juga berkolaborasi dengan toko, kedai, atau kafe di Jabodetabek dengan menyediakan kotak donasi makanan layak konsumsi melalui FoodCycle Point.

Inisiatif serupa juga telah dilakukan oleh berbagai organisasi lainnya, seperti Garda Pangan (Surabaya) dan Surplus Indonesia (Jakarta).

Selain menjalankan program bank makanan dengan memanfaatkan surplus pangan atau hasil donasi makanan, Garda Pangan juga melakukan gleaning, yaitu mengumpulkan sisa panen yang ditinggalkan oleh para petani di lahan karena bentuknya ‘kurang menjual’, namun kondisinya sangat layak konsumsi.

Surplus Indonesia memiliki model bisnis dan kegiatan yang sedikit berbeda. Utamanya, Surplus Indonesia berbasis teknologi digital dan menjadi perantara antara pemilik layanan makanan dengan calon konsumen melalui aplikasi yang mereka kembangkan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencari produk makanan dari toko terdekat dan membelinya dengan harga yang lebih murah.

Related

Indonesia 4345420655210848982

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item