Cara Membersihkan File 'Others' Penyebab HP Android Lemot


Membersihkan 'Others' yang memenuhi memori ponsel Android dapat dilakukan untuk memperluas ruang penyimpanan.

Manajemen memori pada ponsel merupakan hal yang sangat penting, terlebih untuk ponsel dengan ruang penyimpanan kecil. Penting diperhatikan karena ini berkaitan dengan performa ponsel.

Sistem manajemen memori pada ponsel Android mengkategorikan penggunaan memori berdasarkan jenis datanya, mulai dari Aplikasi, Games, Gambar, Video, Dokumen, hingga Others atau lain-lain.

File dengan kategori Others merupakan kumpulan file yang tidak secara spesifik bisa dikategorikan ke dalam kategori yang ada. File-file yang dimasukkan ke dalam kategori Others terkadang merupakan file yang sudah tidak dibutuhkan.

Terdapat beberapa jenis data yang biasanya dimasukkan ke dalam kategori Others, data-data tersebut yakni:

Data Aplikasi

Data aplikasi kemungkinan menjadi penyebab paling umum dari membeludaknya kategori Others. Ini biasanya mencakup file yang diunduh, patch OTA yang gagal, file cadangan server, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi streaming terkadang tidak berfungsi dan lupa menghapus data cache, yang akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel Android.

Kegagalan Back up

Google memungkinkan pengguna memilih untuk mencadangkan konten ponsel pintar ke cloud, baik Google Drive maupun platform cloud lain.

Menjaga sinkronisasi aplikasi ponsel pintar ke cloud memiliki sejumlah manfaat, di antaranya pengguna akan memiliki salinan data tersebut meskipun telah menghapusnya atau ketika ponsel rusak dan memori tidak dapat diakses.

Penyimpanan kata sandi, backup file aplikasi, ruang disk kosong, file sharing, dan fitur lainnya tersedia melalui penyedia cloud. Namun, upgrade harian dan sejumlah fungsi dapat menyebabkan layanan ini tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun sebagian besar hal seperti ini dapat segera diselesaikan, bisa ada kemungkinan proses backup gagal di ponsel pengguna dan file tidak diterima oleh layanan backup, seperti dilansir dari Fixwill.

Temporary Data dan Cache

Halaman web, aplikasi, dan permainan pengguna selalu terhubung ke web, dan mengunduh data dalam jumlah besar dalam format teks, gambar, serta video.

File pengguna, iklan, konten, dan berbagai hal lainnya dapat disertakan dalam proses tersebut.

Perkembangan teknologi Android membuat data-data yang tidak perlu dibersihkan untuk menjaga memori internal tetap lapang.

Namun, ada kalanya data tersebut disimpan, seperti pada browser web. Jika pengguna tidak menghapus konten web, penyimpanan browser Anda akan cepat penuh oleh data-data semacam ini.

Jika pengguna memeriksa manajemen penyimpanan di bagian Pengaturan, masing-masing temporary data dan data cache ini akan muncul sebagai 'Lainnya.'

Cara Membersihkan 'Others'

Pengguna dapat membersihkan file yang berada dalam kategori Others secara langsung dari perangkat. Berikut caranya:
  • Buka Settings atau Pengaturan.
  • Pilih Storage, berada di bawah Device Care pada ponsel Samsung.
  • Dalam daftar akan terdapat opsi penyimpanan 'Others' beserta ruang yang dikonsumsi.
  • Pilih Others
  • Klik Clean Up 

Sebagai catatan, tampilan pada masing-masing ponsel mungkin saja berbeda tergantung jenis ponsel dan versi sistem operasi yang digunakan.

Dilansir dari Nerndschalk, terdapat sejumlah aplikasi pihak ketiga yang dapat memudahkan proses 'pembersihan, di antaranya Amaze File Manager, Ghost Commander, Disk Usage, Storage Analyzer & Disk Usage, dan File Manager.

Related

Smartphone 1462322981485594369

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item