Cara Mudah agar Bisa Berbicara di Depan Banyak Orang


Bagaimana cara pandai berbicara bagi orang yang dasarnya tidak suka bercerita atau berbicara dengan orang banyak?

Biasanya, orang-orang dengan tipikal ini adalah orang yang pemalu sejak kecil (atau dalam beberapa kasus, mengalami pembatasan interaksi sosial). Padahal kemampuan public speaking amat sangat diperlukan, dan cenderung underrated di kalangan masyarakat.

Sebetulnya, ada cara yang mudah jika ingin meningkatkan skill public speaking. Pertama-tama, mulailah dengan berpikir. Iya, berpikir. Pikirkan satu atau dua gagasan menarik yang ingin sekali kamu sampaikan ke orang lain.

Kedua, monolog. Alias ngomong sendiri. Langkah ini penting untuk meningkatkan kefasihan berbicaramu. Sampaikan gagasan-gagasan yang sebelumnya kamu pikirkan. Mulailah di depan cermin, lalu di kamar saat hendak tidur, lalu di toilet saat mandi, lalu di kendaraan saat menunggu lampu merah, lalu di kelas saat menghadapi dosen. 

Jangan takut dianggap orang gila. Kalau kamu sendiri tidak bisa mengerti gagasanmu setelah disampaikan secara verbal, bagaimana orang lain akan mengerti? Kalau kamu sendiri tidak berani menghadapi dirimu sendiri, bagaimana menghadapi orang lain?

Ketiga, coba mulai diskusikan sesuatu (bisa gagasan yang kamu pikirkan sebelumnya) dengan orang-orang dekatmu. Keluarga, teman, sahabat, pacar, atau tukang martabak langgananmu. Coba beranikan dirimu untuk menghadapi satu orang, kemudian lakukan dialog secara intens. 

Tentu hal ini akan lebih sulit karena kamu menerima feedback langsung, tidak seperti monolog. Tapi perlahan, logika berpikirmu akan jauh lebih terstruktur sehingga lebih mudah menyampaikan isi kepalamu.

Keempat, dan yang paling penting, mulailah berbicara di depan orang banyak. Tidak harus 200 atau 1.000 orang. Coba mulai dari 5, kemudian 7, kemudian 10 dan seterusnya, hingga kamu menyadari butuh waktu lama untuk sampai tahap dimana kamu punya public speaking yang memadai.

Sekali lagi, butuh waktu lama. Semua ada prosesnya, dan tiap prosesnya tergantung dari pribadi masing-masing.

Betul sekali, jangan takut salah. Jangan takut diremehkan. Jangan takut ditertawakan, karena kamu akan tergagap ketika memulainya. Percaya saja.

Related

Tips 8131672391397365994

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item