Jangan Panik! Lakukan Ini Kalau Terlanjur Klik File APK Bodong


Beberapa waktu terakhir, marak penipu yang menghubungi melalui pesan Whatsapp. Modusnya, mereka mengirimkan file berbentuk APK dan disamarkan jadi undangan pernikahan, kupon e-commerce, list belanjaan tiktokshop, sampai resi dari kurir paket.

Jangan sampai terjebak, karena penipu ini biasanya meminta kita sebagai penerima pesan untuk mengunduh file tersebut. Tapi, jika memang sudah terlanjur mengunduh, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Dikutip dari Instagram OJK, ada beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain:

Pertama, jika terlanjur atau tak sengaja mengunduh, bisa segera menghapus aplikasi tersebut dari handphone. Kedua, hubungi segera bank atau marketplace untuk menutup akun.

"Ketiga, blokir nomor pelaku dan matikan koneksi data handphone," tulis OJK.

Langkah keempat adalah menghubungi operator seluler untuk mengamankan nomor telepon. Kelima, lapor ke polisi agar pelaku bisa ditangkap dan mencegah korban lain.

"Tetap tenang dan jangan panik! Selalu hati-hati jangan sembarang unduh aplikasi atau link tidak dikenal ya," tulisnya.

Sebelumnya, Satgas Waspada Investasi mengungkapkan, sekarang ada modus sniffing yang harus diwaspadai. Sniffing ini adalah penipu yang mengambil data pribadi untuk digunakan secara ilegal.

Modus sniffing ini digunakan dengan mengirimkan pemberitahuan pengiriman barang melalui ekspedisi. Lalu ada aplikasi palsu yang penipu buat dan seolah itu adalah untuk melacak barang yang akan dikirimkan.

Related

Smartphone 2320143760419698978

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item