Misteri Deal Rp 160 Juta di Balik Maba UIN Solo Wajib Daftar Pinjol


Kasus mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo yang diminta daftar pinjaman online (pinjol) terus diusut pihak kampus. Teranyar, diketahui ada deal Rp 160 juta di balik sponsorship untuk Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Solo.

Temuan itu diketahui pihak kampus setelah digelar sidang etik. Dari sidang itu ditemukan bukti MoU antara Dewan Mahasiswa (DEMA) dengan salah satu sponsorship.

"Baru tadi dari dosen, yang kebetulan pembina DEMA, memperoleh MoU antara mahasiwa dengan pihak sponsorship. Padahal mahasiswa nggak berhak ada MoU, apalagi ada nominal. Itu kan rawan macam-macam. Mengapa sponsorship bisa sebesar itu," kata Wakil Rektor 3 UIN Raden Mas Said Solo, Prof Syamsul Bakri Wironagoro kepada awak media, Selasa (8/8/2023).

"Itu kompensasinya Rp160 juta. Dari salah satu sponsor dari tiga sponsor itu," imbuhnya.

Dia mengaku curiga dengan nominal sponsorship tersebut. Sebab, nominal sponsor untuk kegiatan mahasiswa tak pernah sebesar itu. Pihaknya pun tengah mengusut apakah ada aktivitas yang menguntungkan pihak pinjol dalam kasus ini.

Dewan Kode Etik telah menemukan sedikitnya 300 mahasiswa baru yang melakukan registrasi pinjol. Bakri menegaskan kegiatan PBAK sudah dianggarkan pihak kampus senilai Rp 400 juta.

"PBAK itu kan sebenarnya cuma 3-4 hari, dan sudah semuanya dianggarkan, Rp 400 juta lebih dari kampus, nggak ada anggaran kurang. Kalau mau ngundang siapa terserah, kegiatannya itu berbasis anggaran," ucapnya.

Di sisi lain, pihak kampus sudah memanggil Ketua DEMA UIN Solo berinisial AL. Namun, AL disebut banyak memberikan keterangan berbelit bahkan berbohong soal sponsorship Rp 160 juta tersebut.

"Klarifikasi sudah dilakukan Rektor, yang menentukan sanksinya apa dari Dewan Kode Etik. Kemarin juga (AL) berbohong, nggak ngomong masalah MoU ini waktu dipanggil Rektor. Omongannya muter-muter, tapi nggak bilang soal MoU Rp 160 juta ini. Dia mbulet-bulet," kata Bakri.

Pihaknya menegaskan sedang mencari bukti proposal kerja sama antara DEMA dengan pihak pinjol. Bakri menegaskan DEMA sudah melampaui wewenangnya.

"DEMA itu sudah dipastikan melampaui wewenang. Yang kedua menyembunyikan sesuatu. MoU itu tidak pernah diomongkan dengan kami, dengan pimpinan, dengan pembinanya saja nggak. Dia mau sembunyi-sembunyi itu," ujarnya.

Bakri pun menegaskan ada ancaman sanksi terhadap Ketua DEMA UIN Solo, AL.

"Kalau yang disanksi jelas, yang tanda tangan di situ. Ketua DEMA, AL. Dia bertanggung jawab atas ketua DEMA, dan pribadi. Kalau masalah itu sampai ke masalah hukum, ya pribadi," jelas dia.

Sesal Rektor UIN gegara Kasus Pinjol

Terpisah, Rektor UIN Raden Mas Said Solo, Prof Mudofir menyayangkan hal ini. Pihaknya pun menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan tersebut.

"Tak pernah terjadi selama saya jadi Rektor 2 periode sejak tahun 2015. PBAK ada anggarannya, berjalan lancar, tidak ada kasus-kasus. Jadi tidak pernah terbayangkan, di akhir masa jabatan saya ada kasus nasional ini," ujar Mudofir.

Dia memastikan kasus ini masih dalam penanganan Dewan Kota Etik Mahasiswa. Hukuman sanksi pun sedang digodok tim Dewan Kode Etik Mahasiswa.

"Sedang disidangkan. Nanti ada dua hal, yang bersifat organisasi ada aturannya, jika organisasi secara lembaga melakukan kesalahan berat, sedang, ringan ada sanksinya. Nanti yang bersifat personal, dari Dewan Kode Etik. Nanti ada dua hal yang akan dilihat," pungkas dia.

Related

News 1943228839250528171

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item