Anak Nadya Hutagalung Bergender Netral, Apa Artinya?


Apapun yang dilakukan Nadya Hutagalung, selalu mencuri perhatian. Belakangan ini, kehidupan pribadinya jadi sorotan mengenai anaknya. Anak bungsunya, Nyla, mengumumkan telah memutuskan untuk bergender netral. Seperti apa tranformasi Nyla yang kini lebih akrab dipanggil Alex?

Nadya Hutagalung salah satu selebriti yang sangat jarang mengumbar kehidupan pribadinya termasuk soal anaknya. Bahkan untuk memamerkan foto anaknya di media sosial saja terbilang jarang. Setelah menutupi wajah anaknya, Nadya mempublikasikan foto anaknya dan diberi nama Nyla.

Baru diketahui, kalau Nyla sekarang mengganti namanya menjadi Alex. Ia memutuskan untuk bergender netral, bukan lelaki maupun perempuan. Dari segi penampilan, Alex pun mengubah style rambutnya menjadi lebih pendek dan lebih berwarna.

Tapi apapun yang dipilih Nyla atau Alex, Nadya tetap mendukung pilihan anaknya tersebut.

Gender Netral

Dilansir dari Institut Kesetaraan Gender di Eropa atau EIGE, istilah "gender netral" menunjukkan bahwa sesuatu bukanlah bagian dari wanita atau pria, sesuai jenis kelaminnya. Biasanya, istilah ini digunakan untuk merujuk pada berbagai aspek seperti gaya hidup atau cara berbahasa.

Menurut anggota program Phd Universitas Walden jurusan Psikologis Klinis Tracy Marsh, karena tidak menganggap dirinya sebagai pria atau wanita, orang-orang yang gender netral menggunakan kata sapaan "them" atau "kalian" dalam bahasa Indonesia. Kata ini menggantikan "he" dan "she" yang dalam bahasa Inggris, ditujukan kepada orang dengan satu jenis kelamin, laki-laki atau perempuan.

"Kata ganti adalah jalan pintas yang kita gunakan untuk mengidentifikasi diri kita sendiri dan orang lain tanpa secara khusus menggunakan nama yang diberikan," katanya, dikutip dari Women's Health.

Berikut kata ganti gender netral yang sering digunakan:
They, Them, Their (mereka)
Ze/Zie, Zir, Zirs
Sie, Hir, Hirs
E, Es, Em
Xe, Xem, Xyr
Tey, Ter, Tem
Ey/Em/Eir
Mx

Related

News 2274282567959460644

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item