Mengenang Aksi Heroik Kapolsek Cempa Selamatkan Warga


Aksi heroik Kapolsek Cempa, AKP Akbar Andi Malloroang, yang viral di media sosial saat bersimpuh untuk menghentikan aksi massa menganiaya seorang pria di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), berbuah manis. Akbar menerima penghargaan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) dari Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Pemberian penghargaan dilakukan di Mapolda Sulsel, Senin (10/2/2020). Kapolsek Cempa mendapat kenaikan pangkat dari AKP menjadi Kompol atas jasanya menolong korban bentrokan yang nyaris tewas dianiaya warga setempat yang menolak keberadaan tambang di daerah tersebut, beberapa bulan lalu.

Penghargaan KPLB dari Kapolri Jenderal Idham Aziz diberikan melalui Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe saat memimpin Upacara Korps Rapor KPLB Personel Polda Sulsel dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS Polri di Mapolda Sulsel. Acara itu dihadiri seluruh pejabat petinggi dan jajaran personel Polda Sulsel.

AKP Akbar Andi Malloroang tidak pernah menyangka aksi heroiknya menolong warga akhirnya berbuah penghargaan. Selain KPLB, Akbar sebelumnya juga telah mendapat penghargaan berupa pin emas dari Kapolri. Dia dinilai berjasa karena tindakannya telah melebihi panggilan tugas sebagai seorang anggota kepolisian.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya merasa bangga dan bersyukur melihat Kapolsek Cempa mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Dia dinilai pantas mendapatkannya karena telah menunjukkan prestasinya melaksanakan tugas di lapangan yang telah melebihi panggilan dan tanggung jawabnya.

“Apresiasi itu atas kinerja beliau menyelamatkan warganya pada saat terjadi kekacauan di wilayahnya di daerah Polsek Cempa, akhirnya berimplikasi dengan diberikannya penghargaan dari Bapak Kapolri, dengan pin emas dan juga KPLB. Ini apresiasi yang luar biasa yang disampaikan kepada Kapolsek Cempa,” katanya.

Penghargaan yang diterima Kapolsek Cempa diharapkan memotivasi para anggota Polri lainnya dalam menjalankan tugas. “Ini akan jadi spirit di internal kita, menjadi contoh dan penyemangat. Apabila kita berbuat baik, akan mendapatkan reward, apresiasi, seperti yang diberikan Bapak Kapolri,” kata Ibrahim Tompo.

Kapolsek Cempa AKP Akbar Andi Malloroang sebelumnya rela bersimpuh demi menghentikan aksi penganiayaan massa terhadap korban bentrokan di Desa Salipolo, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Sulsel, pada Selasa 5 November 2019 lalu. Video ini sempat viral di media sosial dan mendapatkan pujian dari warga dan netizen.

Related

Indonesia 1018272479024793010

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item