Panduan Menentukan Tamu Undangan dalam Pernikahanmu


Tak lama setelah kamu bertunangan dan sebelum mulai mencari tempat pernikahan, kamu pasti ingin mengetahui anggaran dan daftar tamu, karena yang satu pasti akan mempengaruhi yang lain.

Mencari tahu siapa yang diundang ke hari besar kamu bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Tetapi, sebelum kamu stres, gunakan panduan ini untuk mencari tahu. Tidak hanya tentang berapa banyak orang yang harus kamu undang ke acara pernikahan, tetapi juga pernikahan seperti apa yang kamu inginkan.

Hal yang pertama, mari lihat beberapa fakta daftar tamu. Berapa rata-rata jumlah tamu untuk pernikahan?

Beberapa tahun terakhir, banyak pasangan untuk memiliki daftar tamu yang lebih kecil, rata-rata cenderung berkisar sekitar 130-150 tamu. Dengan demikian, ada pasangan yang memilih untuk mengadakan pernikahan mikro yang lebih kecil (jumlah tamu undangan 50 orang atau kurang). Pernikahan yang lebih besar biasanya lebih dari 150 tamu.

Berapa persentase tamu pernikahan yang benar-benar hadir?

Jumlah tamu yang akan RSVP “Ya” ke pernikahan tergantung pada beberapa faktor.
Rata-rata, kamu dapat mengharapkan 75% -80% tamu untuk datang.

Kamu harus selalu merencanakan kehadiran 100%, terutama saat menghitung anggaran dan kapasitas tempat kamu. Jangan pernah mengundang lebih banyak orang daripada yang kamu mampu.

Haruskah mengundang anak-anak dan plus-one?

Saat kamu membuat daftar tamu, kamu pasti ingin memutuskan tidak hanya apakah kamu menginginkan anak di pernikahan kamu, tetapi juga apakah kamu mampu memiliki tamu lajang untuk membawa satu plus.

Setelah kamu memutuskan, kamu perlu menetapkan aturan umum untuk keduanya. Misalnya, jika kamu hanya ingin mengundang keponakan, aturan kamu untuk anak-anak harus “hanya keluarga dekat”, atau “hanya anak-anak di pesta pernikahan”.

Untuk yang plus, kamu dapat memilih untuk mengizinkan semua tamu yang belum menikah untuk membawa teman. Jika tidak, kamu dapat memilih untuk memberikan nilai plus kepada tamu yang sudah menjalin hubungan baik.

Berapa banyak undangan yang harus orang tua kamu dapatkan?

Ini bisa sedikit rumit, terutama jika sekelompok orang tua tertentu berkontribusi lebih banyak secara finansial, atau tidak sama sekali. Aturan umum adalah daftar tamu dibagi antara pasangan dan kedua orang tua. Jadi jika daftar tamu kamu adalah 100 orang, kamu dan pasangan akan mengundang 50 orang, dan setiap orang tua akan dapat mengundang 25 orang.

Jika orang tuamu tidak berkontribusi secara finansial dan bersikeras untuk mengundang lebih dari yang kamu mampu, sebaiknya sisihkan waktu untuk membicarakan apa harapan mereka, serta anggaran dan kapasitas tempat kamu.

Kamu dapat dengan sopan mengingatkan mereka bahwa setiap tamu membutuhkan biaya, dan biarkan percakapan berlangsung dari sana. Mereka mungkin ingin berkontribusi lebih banyak untuk mengakomodasi daftar tamu mereka, atau percakapan mungkin berakhir di sana.

Apa pun keputusan kamu, pastikan nada percakapan terbuka, jujur, dan penuh hormat. Semua orang baru mengenal perencanaan pernikahan ini, dan mungkin perlu beberapa pengingat lembut dari waktu ke waktu.

Berapa banyak yang harus kamu undang ke pernikahan?

Sekarang, setelah dasar-dasar daftar tamu tercakup, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ambil ketika membuat daftar tamu kamu.

Langkah 1: Bayangkan Suasana Pernikahan yang Kamu Inginkan

Apakah ballroom dengan banyak orang terdengar seperti pernikahan yang sempurna? Atau apakah meja dengan cahaya lilin yang indah namun intim dengan lantai dansa kecil terasa lebih sesuai dengan gaya kamu?

Luangkan waktu untuk duduk bersama pasangan kamu, dan bayangkan seperti apa pernikahan impian kamu, dan jumlah tamu di daftarmu akan terungkap dari sana.

Menanyakan berapa banyak orang yang harus diundang ke pernikahan, dan berapa banyak orang yang ingin kamu undang ke pernikahan adalah dua hal yang berbeda. Fokus pada yang terakhir.

Langkah 2: Buat Daftar Tamu Pernikahan Impian

Sebelum anggaran pernikahan merangkak masuk, kamu sebaiknya duduk bersama pasangan dan membuat daftar awal semua orang yang akan kamu undang jika anggaran tidak jadi masalah.

Cobalah untuk tidak memasukkan semua orang yang pernah kamu temui! Daftar tersebut harus tetap berfokus pada orang yang kamu cintai, seperti anggota keluarga, teman dekat, teman orang tua, dan banyak lagi.

Langkah 3: Lakukan Percakapan Anggaran Pernikahan 

Pada titik ini kamu dan pasangan perlu berbicara jujur tentang berapa banyak yang ingin kamu belanjakan untuk pernikahan, termasuk kemungkinan kontribusi dari anggota keluarga, seperti yang disebutkan di atas. Meskipun jumlah tamu yang kamu undang akan berdampak langsung pada anggaran, kamu tidak perlu memaksimalkan daftar tamu hanya karena kamu bisa.

Langkah 4: Mulailah Membuat Keputusan Sulit

Setelah anggaran pernikahan tersedia, kamu akan dapat memperkirakan berapa banyak tamu yang dapat dan ingin kamu undang. Selanjutnya, ambil daftar tamu pernikahan impianmu dan soroti tamu yang tidak dapat kamu bayangkan melewatkan harimu tanpanya.

Ini termasuk daftar orang tua, kakek-nenek, saudara kandung, bibi, dll yang kehadirannya sangat penting, bahkan mungkin menyebabkan kamu menjadwal ulang karena mereka harus berada di sana.

Setelah kamu mengetahui daftarnya, kamu dapat mulai memikirkan siapa yang akan ditambahkan berikutnya. Perlu diingat bahwa tidak setiap anggota keluarga atau teman dari sekolah menengah harus diundang. Coret mereka dari daftar jika kamu merasa stres.

Pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri saat memutuskan siapa yang akan diundang meliputi: Kapan terakhir kali saya melihat/berbicara dengan orang ini? Apakah saya akan sedih jika mereka tidak bisa hadir? Apakah saya diundang ke pernikahan mereka? Ini kemudian dapat mulai menginformasikan pencarian tempat pernikahan kamu serta keputusan anggaran.

Pastikan untuk mengirimi mereka undangan sesegera mungkin. Tidak ada yang lebih buruk daripada mendapatkan undangan dengan RSVP berdasarkan tanggal yang sudah berlalu. 

Pastikan untuk memesan undangan yang cukup. Kamu dapat menjadwalkan untuk membahas ini dengan penyedia jasa undangan.

Related

Tips 7794430786026230127

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item