9 Kesalahan yang Bikin Orang Sulit Kaya, Menurut Warren Buffet


Warren Buffett, salah satu investor sukses di dunia, memiliki reputasi sebagai miliarder yang bijaksana dalam hal finansial, sederhana, namun tetap menghasilkan cuan.

Menurutnya, ada sejumlah kesalahan yang dilakukan orang yang membuatnya tidak berkembang secara finansial atau miskin. Buffett mengatakan, seharusnya semua orang dapat membuat keputusan keuangan yang lebih tepat untuk memastikan kesehatan finansial untuk jangka panjang.

Berikut ini 12 kesalahan mengelola keuangan yang membuat orang tidak kaya-kaya, dikutip dari Gobankingrates:

1. Mengabaikan Pengembangan Pribadi

Menurut Buffett, investasi terbaik yang dapat dilakukan seseorang adalah pada diri sendiri. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan. Pengetahuan dan kemampuan adalah aset yang tidak dapat diambil oleh siapa pun.

2. Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang nyaman, tetapi suku bunga tinggi dapat menguras pengeluaran atas pinjaman tersebut. Buffett menyarankan untuk tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu yang dapat menyebabkan utang kartu kredit.

3. Sering Nongkrong dan Clubbing

Pengeluaran untuk kegiatan sosial seperti minum-minum di club dan nonkrong menjadi hal yang tidak penting sering di lakukan. Baiknya jika ingin mengadakan pertemuan dengan teman-teman lebih hemat dilakukan di rumah.

4. Gonta-ganti Gadget

Gadget baru mungkin menggoda, tetapi keinginan mengganti gadget setiap ada model baru sepertinya menjadi sebuah pemborosan. Buffett menyarankan agar membeli alat elektronik atau gadget disesuaikan atas atas kebutuhan dan fungsinya

5. Belanja Pakaian Berlebihan

Buffett dan dengan miliarder lainnya, condong ke arah kesederhanaan dalam pakaiannya. Jadi disarankan untuk membeli pakaian sederhana dan dipakai dalam jangka panjang. Hal ini disarankan untuk menghemat daripada membeli pakaian bermerek yang mencolok dan mahal.

6. Membeli Mobil Baru

Buffett merekomendasikan untuk membeli mobil bekas dan menyimpannya selama masih dapat diandalkan.

7. Keanggotaan Gym yang Jarang Digunakan

Buffett mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat tetapi sarannya jangan berlangganan keanggotaan gym yang tidak terpakai. Menurutnya, rutinitas kebugaran gratis atau murah bisa sama efektifnya jika dilakukan secara teratur

8. Layanan Berlangganan yang Tidak Perlu

Layanan berlangganan, jika tidak dipantau dengan hati-hati, dapat menguras keuangan. Tinjau ini secara teratur dan batalkan yang tidak memberikan nilai.

9. Terlalu Ketergantungan pada Produk Perawatan Kulit

Buffett menyarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan atau tidak perlu. Menemukan rutinitas yang sederhana dan efektif dapat menghemat uang dan kulit Anda.

Related

Money 2527432586117111590

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item