9 Perbedaan Honda Civic Turbo dan Civic Type R, dari Mesin sampai Harga


Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda Civic Turbo generasi ke-10 pada tahun 2016 silam, awalnya hanya ada model sedan. Satu tahun kemudian, Honda Civic Turbo model hatchback meluncur.

Nah, Honda Civic Type R MK5 yang diperkenalkan pada tahun 2017 ini mengambil basis dari Honda Civic Turbo model hatchback.

Walaupun Honda Civic Hatchback Turbo dan Civic Type R generasi ke-10 sama-sama dilengkapi turbo dan memiliki dimensi yang sama, ternyata banyak sekali perbedaan antara keduanya, diantarnya:

1. Mesin

Honda Civic Type R lahir sebagai aura racing, tentu mesinnya pun berbeda dengan Civic Hatchback Turbo. 

Civic hatchback dibekali mesin turbo 1.500 cc berkode L15B7 VTEC, dengan tenaga 170 dk dan torsi 220 Nm. Sedangkan dalam Type-R ditanam mesin K20C1 turbo 2.000 cc, yang mampu semburkan daya 306 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm.

2. Transmisi

Semua varian Civic Hatchback Turbo hanya dibekali transmisi CVT dengan teknologi Earth Dream. Sebaliknya, Civic Type R hanya menawarkan tipe manual 6 percepatan.

3. Rem

Civic Type R maupun Civic Hatchback Turbo biasa, pada sektor pengereman sama-sama menggunakan rem cakram di empat rodanya. Tapi bedanya Type R menunjukkan merek Brembo pada rem depan, terlihat dari kaliper warna merah dengan logo Brembo-nya.

4. Mode berkendara

Pada Civic Type R, ada 3 mode berkendara, yakni Comfort, Sport dan R+. Untuk mengubah mode tersebut, silakan atur posisi tombol R+ dan Comfort di konsol tengah.

Sedangkan di posisi yang sama, pada Civic Hatchback Turbo, tidak ada mode R+, gantinya diberi tombol Econ untuk mode berkendara ramah lingkungan (efisiensi bahan bakar).

5. Logo "H"

Selain logo Type R, dari generasi awal hingga yang terbaru, emblem dengan logo "H" Honda diberikan warna merah. Sedangkan Civic Hatchback Turbo hanya logo "H" biasa.

Honda biasanya memberikan badge atau emblem merah untuk varian-varian kencangnya. Warna merah di logo Honda berarti passion, sedangkan warna silver artinya elegan.

6. Warna kabin
 
Bagian kabin juga tampak perbedaan. Type R cenderung dominan warna merah, sedangkan Civic Hatchback warna hitam. Utamanya pada bagian jok. Untuk jok bagian depan, Type R diberi model semi bucket empuk dengan bahan suede. Sementara Civic Hatchback Turbo berlapis kulit warna hitam.

7. Desain bumper dan air scoop

Selain desain bumper yang sporty, kap mesin Type R juga diberi lubang air scoop untuk membantu pendinginan di dalam kompartemen mesin. Sedangkan Civic Hatchback Turbo tidak ada air scoop.

8. Ukuran ban dan pelek

Ukuran ban dan pelek antara kedua mobil ini berbeda, Civic Type R memakai ban 245/30 dengan ukuran pelek 20 inci. Sementara Civic Hatchback Turbo memaki ban 215/50 dengan pelek 17 inci.

9. Harga

Dengan fitur yang ditawarkan, tentu saja Harga Civic Type R lebih mahal dibandingkan Civic Hatchback Turbo. Pada saat baru diluncurkan di tahun 2017, Civic Hatchback Turbo Type E CVT ditawrkan Rp 438 juta, sedangkan Civic Type R M/T Rp 995 juta.

Harga bekasnya di Juni 2020, Civic Hatchback Turbo Type E CVT tahun 2017 Rp 350 juta, sedangkan Civic Type R M/T tahun 2018 RP 845 juta, data diambil dari showroom mobil bekas kawasan Jakarta.

Related

Automotive 6660619087497882841

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item