Fakta yang Baru Terungkap dari Persidangan Jessica Wongso


Jessica Kumala Wongso telah divonis 20 tahun penjara akibat dinilai terbukti meracuni Wayan Mirna Salihin dengan kopi bercampur sianida. Putusan ini menuai pro dan kontra, apalagi karena Jessica terlihat tidak berekspresi dan bahkan tersenyum setelah hakim menjatuhkan vonis.

Namun kekinian terungkap jika Jessica kemungkinan sebenarnya tidak terlalu paham dengan hal yang disampaikan di persidangan sehingga terkesan selalu berwajah datar. Hal ini sebagaimana diungkap oleh Fristian Griec, jurnalis yang saat itu sempat mewawancarai Jessica secara eksklusif.

“Enggak semua isi sidang itu dia pahami ternyata, karena dia tinggal lama di Australia, Bahasa Indonesia terbatas,” ucap Fristian, dikutip dari kanal YouTube R66 Newlitics pada Senin (9/10/2023).

Bahkan beberapa kali Jessica malah bertanya balik kepada kuasa hukumnya maupun Fristian tentang jalannya persidangan. “Saya pasti ngobrol dan dia pasti akan tanya beberapa hal, ‘Kemarin itu maksudnya gimana ya?’ Jadi ternyata bisa jadi dia tidak mengerti apa yang dibilang sama jaksa, hakim, atau apa yang sedang berlangsung,” kata Fristian.

Hal ini tentu mempersulit Jessica lantaran persidangan diselenggarakan dalam bahasa Indonesia. Alhasil, kuasa hukumnya yang harus menerangkan kepada Jessica, termasuk ketika hakim sudah menjatuhkan vonis 20 tahun penjara untuknya.

Kisah senada juga diungkap oleh Mila Aswan selaku salah satu pembawa acara yang ternyata juga menghadiri persidangan kopi sianida, tepatnya hari ketika vonis dijatuhkan oleh hakim.

“Waktu sudah diputuskan 20 tahun penjara, dia juga nanya kan ke Om Otto (Otto Hasibuan), ‘Ini maksudnya apa sih?’ Om Otto akhirnya menjelaskan, ‘Kamu dihukum’,” ujar Mila.

“(Jessica bertanya) ‘Jadi saya bisa pulang nggak?’ (Otto menjawab) ‘Enggak, kamu nggak bisa pulang karena kamu dihukum’,” sambungnya.

Menurut Fristian, selama mereka berinteraksi memang harus menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Inggris karena Jessica yang sudah bertahun-tahun tinggal di Australia.

Sebelumnya, Jessica ramai disebut psikopat, beberapa diantaranya menyebut Jessica berkepribadian ganda.

Related

News 286638634715624331

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item