Hal Penting yang Menjauhkan Kita dari Kebahagiaan


Apakah Anda ingat film Adam Sandler, Click? Dia punya remote; mampu mengendalikan kehidupan. Dia bisa membisukan, menjeda, melewati, membekukan, dan bahkan menjuluki momen hidupnya dengan itu.

Dengan menggunakan remote, dia melaju cepat melewati lalu lintas, berkelahi dengan istrinya, pemanasan sebelum berhubungan seks, tugas di tempat kerja, makan malam bersama orang tuanya, dan momen-momen lain yang menurutnya membosankan dan tidak begitu berguna.

Akhirnya dia melewatkan sebagian besar hidupnya, hidup dengan auto-pilot, karena dia ingin mencapai impian yang ada dalam pikirannya sesegera mungkin. Biaya yang harus dibayar adalah mengorbankan pernikahan, keluarga, bahkan kesehatannya.

Mengingatnya, kita bisa bertanya pada diri sendiri: Apakah Anda menjalani hidup hanya untuk mencapai akhir? Tentu saja tidak! Kita langsung berpikir sendiri.

Tapi bukankah kita semua hidup seperti ini? Sangat mudah untuk terjebak dalam kecanduan destinasi.

Untuk beberapa alasan, tujuan kita bukanlah untuk menikmati hari ini, melainkan untuk menjalani hari: Apa pun yang kami lakukan, kami memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Kami menunggu perjalanan itu, dan ketika di perjalanan kami tidak sabar untuk kembali ke rumah. Kami berharap kesuksesan besar berikutnya pada akhirnya akan membuat kami bahagia.

Ini disebut "Kecanduan Destinasi".

Apa artinya? Ini adalah keyakinan bahwa kebahagiaan ada di masa depan; di tempat berikutnya, acara, pekerjaan, atau dengan pasangan yang berbeda.

Apakah ada yang salah? Anda menganggap remeh apa yang Anda miliki; tidak menikmati perjalanannya. Bahkan ketika Anda mencapai hal-hal yang selalu Anda dambakan, Anda menyadari hal ini tidak membuat Anda cukup bahagia. 

Ini menjadi sebuah kebiasaan; Anda senang membeli mobil baru itu, tetapi hanya dua minggu kemudian hal itu menjadi hal yang dianggap remeh. Dan kebahagiaan menjadi semakin sulit untuk diraih.

Tapi, bukankah hidup harus mempunyai tujuan?

Kata “akhir” mempunyai dua arti yang berbeda:

- Selesai: Akhir dari proyek, pekerjaan, perjalanan.

- Tujuan: Visi Anda, nilai-nilai Anda.

Kecanduan destinasi hanya berfokus pada hasil akhir dan bukan pada tujuan.

Apa pun yang Anda lakukan, lakukan dengan cerdas, dan tetap ingat tujuan akhirnya. Hidup secara cerdas berarti: menjalani setiap momen kehidupan secara penuh dengan tujuan dalam pikiran dan rasa syukur dalam hati.

Setelah Anda memahami hal ini, Anda akan melakukan sesuatu secara berbeda:

- Pertumbuhan pribadi menjadi prioritas.
- Pamer di media sosial jadi berkurang.
- Kesendirian tidak akan mengganggu lagi.
- Uang jadi alat untuk mewujudkan nilai-nilai Anda.
- Orang yang tulus akan lebih menarik.
- Tidak akan pernah menganggap rendah diri sendiri karena apa yang dimiliki dan tidak dimiliki orang lain.

Ini adalah kunci untuk tetap berada di jalur pertumbuhan, baik Anda memiliki sedikit atau banyak.

Related

Psychology 2037370934939976395

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item