Mengenal Keunikan Tumbuhan Corydalis Benecincta


Ada tumbuhan bernama Corydalis benecincta yang tumbuh hijau seperti banyak tumbuhan. Namun, jika tumbuh di daerah berbatu, ia dapat menyamarkan dirinya agar sesuai dengan bebatuan tersebut. Populasi yang berbeda dari spesies ini terlihat berbeda di tempat yang berbeda.

Kamuflase ini untuk menghindari kupu-kupu terutama kupu-kupu Apollo, khususnya Parnassius cephalus. Kupu-kupu betina menemukan tanaman Corydalis secara visual dan menyimpan telurnya di bebatuan terdekat. Ketika mereka menetas, ulat menemukan sumber makanan yang tersedia; tanaman.

Namun, tanaman yang diserbuki oleh hewan menghadapi keseimbangan antara kelangsungan hidup dan reproduksi. Mereka harus tidak mencolok bagi herbivora, sambil menarik penyerbuk. Terlepas dari kamuflasenya, tanaman ini selalu memiliki bunga yang cerah, dan menghasilkannya setelah kupu-kupu selesai bertelur. Ini memastikan bahwa sambil menarik penyerbuk, tanaman menghindari pengendapan telur. 

Bahkan mungkin dengan bunga yang cerah, kupu-kupu mungkin menghindari bertelur di tanaman berbunga dengan daun samar, karena menganggapnya sebagai individu yang lebih tua.

Related

Science 6160007966859328068

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item