Mengenal Honda Civic Turbo dan Type R Lebih Dekat (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Honda Civic Turbo dan Type R Lebih Dekat - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

4. Kabin yang Nyaman dan Luas

Honda Civic Tahun 2022 punya kabin yang luas dan nyaman untuk pengemudi maupun penumpang. Seluruh kursi didesain dengan ergonomis demi kenyamanan pengguna. Bahan yang digunakan bahkan berkualitas tinggi sehingga perjalanan dekat atau jauh tidak akan membuat kamu sakit pinggang. 

Kabinnya juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan dan kenyamanan, seperti sistem pendingin udara otomatis serta kursi yang bisa dipanaskan.

5. Efisiensi Bahan Bakar yang Tinggi

Mesin yang digunakan pada Honda Civic Tahun 2022 sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar. Varian Turbo mampu mencapai konsumsi bahan bakar 17,8 km/liter di jalan tol, sedangkan varian Type R mencapai konsumsi bahan bakar 13,8 km/liter di jalan tol. 

Perbedaan Honda Civic Turbo dan Type R 

Dibedakannya varian Turbo dari Type R bukan tanpa alasan. Tentu saja ada berbagai fitur yang hanya dimiliki oleh salah satu varian saja. Tujuan penggunaan hingga pasarnya pun jelas tidak sama. Coba temukan semua perbedaannya berikut ini. 

1. Mesin yang Berbeda

Perbedaan utama antara Honda Civic Turbo dan Type R terletak pada mesin yang digunakan. Honda Civic Turbo dilengkapi mesin turbocharged 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 hp. 

Sedangkan Honda Civic Type R dilengkapi mesin turbocharged berkapasitas 2,0 liter yang lebih besar serta mampu menghasilkan tenaga mencapai 306 hp. Jelas keduanya memiliki perbedaan signifikan soal tenaga.

2. Sistem Suspensi yang Berbeda

Sebagai varian paling unggul, Honda Civic Type R dilengkapi sistem suspensi yang lebih canggih dan sporty dibandingkan Honda Civic Turbo. Sistem suspensi pada Honda Civic Type R dirancang untuk memberi pengalaman mengemudi yang lebih tinggi dan responsif, sehingga mobil ini dapat menangani belokan dengan lebih stabil walau dalam kecepatan tinggi.

3. Eksterior yang Berbeda

Sekilas, keduanya tidak memiliki perbedaan dari sisi eksterior. Namun kalau disandingkan, kamu bisa melihat perbedaanya di beberapa bagian. Honda Civic Type R secara umum memiliki desain lebih ekstrem dan menonjol dengan spoiler belakang yang besar dan aksen merah yang khas.

Selain itu, Honda Civic Type R juga dilengkapi velg yang ukurannya jauh lebih besar dengan ban tapak yang lebih lebar.

4. Interior yang Berbeda

Tidak hanya eksterior, interiornya pun diberi beberapa perbedaan. Honda Civic Type R dilengkapi interior yang lebih sporty dan agresif dibandingkan Honda Civic Turbo. 

Kabin pada Honda Civic Type R dilengkapi kursi sport yang dirancang untuk memberi kenyamanan dan dukungan maksimal saat mengemudi dalam kecepatan tinggi. Selain itu, Honda Civic Type R juga disematkan instrumen pengukur performa yang lebih lengkap dan terintegrasi dengan sistem entertainment.

5. Harga yang Berbeda

Perbedaan lainnya antara Honda Civic Turbo dan Type R jelas terletak pada harga. Honda Civic Type R dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan Honda Civic Turbo. Harga Honda Civic Turbo mulai dari sekitar Rp600 juta, sedangkan harga Honda Civic Type R mulai dari sekitar Rp1 miliar.

6. Konsumsi Bahan Bakar yang Berbeda

Meskipun memiliki performa yang tinggi, namun terdapat perbedaan pada konsumsi bahan bakar antara Honda Civic Turbo dan Type R. Honda Civic Turbo memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan Honda Civic Type R. Varian Turbo mampu mencapai konsumsi bahan bakar 17,8 km/liter di jalan tol, sedangkan varian Type R mencapai konsumsi bahan bakar 11,7 km/liter di jalan tol.

Buat kamu pecinta mobil sedan dengan performa mesin luar biasa, Honda Civic merupakan pilihan tepat. Melalui semua informasi perbedaan Honda Civic Turbo dan Type R di atas, kamu jadi bisa menentukan mobil mana yang memenuhi kebutuhan. 

Kalau kamu ingin performa mesin tinggi dengan harga yang masih terjangkau, Honda Civic Turbo bisa jadi pilihan. Namun kalau kamu tidak masalah dengan harga, maka Honda Civic Type R cocok dicoba. Semua fitur dan teknologi yang ada di dalamnya akan membuat kamu merasakan canggihnya mobil dari Honda. 

Related

Automotive 1669538604464724376

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item