Mengenal Polidipsia, Ketika Terus Merasa Haus Padahal Cukup Minum


Rasa haus memang normal terjadi pada kita. Namun, bagaimana jika kondisinya haus terus menerus? Ini bisa dinamakan polidipsia.

Polidipsia sering terjadi pada penderita diabetes akibat kadar gula darah yang tinggi. Saat jumlah gula dalam darah lebih tinggi, ginjal akan menghasilkan banyak urine yang mengandung air dan gula, agar kadar gula darah kembali normal.

Akibat cairan dalam tubuh ikut berkurang, otak memerintahkan tubuh untuk banyak minum. Oleh karena itu, penderita diabetes merasa haus terus-menerus. Namun, ini juga berlaku pada penderita beberapa hal, seperti:

- Penggunaan obat-obatan, seperti diuretik atau kortikosteroid
- Konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh
- Konsumsi minuman beralkohol
- Konsumsi makanan tinggi garam dalam jumlah banyak
- Rasa gugup yang berlebihan
 
Bagaimana gejala polidipsia?

Rasa haus memang wajar datang. Namun, hati-hati ya! Menurut dr. Airindya, polidipsia ditandai rasa haus dan hal-hal berikut:

- Makan berlebihan dan sering buang air kecil
- Urine berwarna cokelat atau gelap
- Cepat lelah
- Pusing
- Mulut kering
- Mual atau muntah
- Penglihatan kabur
- Demam
- Kejang
 
Cara menangani polidipsia

Dalam menangani polidipsia, tentu tergantung penyebabnya. Misalnya dikarenakan diabetes, sebaiknya mengubah pola hidup. Biasakan minum air mineral saja, serta hindari makanan dan minuman yang manis-manis.

Bila gejala diabetes tidak membaik dan kadar gula darah tetap tinggi, dokter akan meresepkan obat diabetes. Obat-obatan tersebut seperti metformin, glibenclamide, dan linagliptin.

Sementara itu, jika disebabkan karena hal lain seperti diare, dokter akan menganjurkan banyak minum air mineral. Selain itu, mungkin juga dokter memberikan obat lain agar bisa lekas sembuh dari penyakitnya.

Related

Health 7444333783498859439

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item