Mengenal Subiakto Priosoedarsono, Pakar Branding Indonesia


Subiakto Priosoedarsono, atau biasa dipanggil Pak Bi, lahir pada 24 Agustus 1949. Dia adalah seorang praktisi Branding yang sudah berkiprah selama 50 tahun sejak tahun 1969.

Pak Bi juga Direktur Kreatif Hotlinetama Sarana, sebuah perusahaan iklan dan slogan untuk merek di Indonesia. Karya-karyanya terkenal, termasuk slogan untuk perusahaan furnitur LIGNA pada 1990-an, “Kalau sudah duduk, lupa berdiri”; Kampanye Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla pada 2004, “Bersama Kita Bisa” ; dan kampanye Gubernur DKI Fauzi Bowo pada 2007 untuk “Coblos Kumisnya” dan “Serahkan Pada Ahlinya”.

Latar Belakang

Menjadi pelukis komik sejak duduk di bangku SMA kelas 2 hingga tingkat 1 Sekolah Tinggi Seni Rupa Jakarta, Pak Bi lalu memulai karier profesional sebagai praktisi branding sejak tahun 1969.

Mengawali karier profesional di perusahaan Modern Packaging sebagai Art Director di bawah bimbingan para ahli mancanegara seperti Norwegia, Swedia, India, Pakistan dan Singapore, membuat keterampilan branding-nya lewat packaging mumpuni.

Sejak tahun 2014, Pak Bi berkeliling Indonesia menyebar virus branding yang menurutnya jauh tertinggal. Dan mulai tahun 2016, Pak Bi resmi menyelenggarakan Workshop Bisa Bikin Brand yang telah berlangsung 57 angkatan.

Alumni yang jumlahnya sekitar 1.500 orang diharapkan akan menjadi motor kebangkitan brand di Indonesia dan khususnya brand UKM. Juga tak kalah pentingnya membranding Indonesia, memantapkan positioning Indonesia selaku pusat rempah dunia. Indonesia Spicing The World.

Tidak seperti praktisi branding lain yang membangun brand lewat iklan, kekhasan Pak Bi adalah membangun brand lewat slogan. Karena Pak Bi meyakini bahwa slogan merupakan tools yang kuat untuk menembus otak kritis dan langsung menyihir bawah sadar yang tugas utamanya adalah mengambil keputusan membeli. 

Subiakto Priosoedarsono menempuh pendidikan di Institut Business Management Jayakarta.

Related

Figures 2411404098255817970

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item