PDIP Minta Gibran Rakabuming Mengundurkan Diri dari Partai


Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah buka suara terkait keputusan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi cawapres Prabowo Subianto. Basarah mengingatakan soal etika politik, hingga menyebut semestinya Gibran mengundurkan diri dari partai.

"Maka ketika dia telah mengambil langkah di luar rule of game partai, bicara di atas semua itu adalah etika politik. Etika politik itulah yang sebenarnya sekarang harus dilaksanakan oleh Mas Gibran sendiri," kata Ahmad Basarah di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Basarah mengatakan, dalam organisasi apapun ada aturan main bagi setiap anggotanya. Termasuk saat mengambil langkah-langkah yang di luar kebijakan partai.

"Tadi dalam konteks aturan dalam berpartai itu Mas Gibran selaku kader partai apalagi yang sudah mendapatkan tugas sebagai Wali Kota Solo, dia harusnya tahu persis aturan main dalam organisasi partainya, PDI Perjuangan, mulai dari ADRT," ungkap Basarah.

Lantaran langkah yang diambil Gibran berbeda dengan partai, maka dengan sendirinya dia keluar dari PDIP. Basarah mendesak Gibran untuk mengundurkan diri.

"Maka setelah dia mengambil sikap, mengambil keluar dari aturan resmi partai, yang tersisa dari Mas Gibran itu adalah sebuah etika politik harusnya dia mengundurkan diri secara resmi ketika dia mengambil keputusan keluar dari keputusan PDIP melalui hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," pungkasnya.

Adapun Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan di Pemilu 2024 kemarin. Kedua pasangan ini juga telah melakukan tes pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Pada Rabu (25/10) lalu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan Gibran belum memberikan surat pengunduran diri. Gibran mengatakan terkait kartu tanda anggota (KTA) di PDIP sudah clear. "Itu sudah clear lho. Sudah clear," kata Gibran kepada wartawan usai pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Gibran tak menjelaskan detail terkait status clear yang dimaksud. Dia mengatakan sudah menjawab hal tersebut sejak minggu lalu. "Kan sudah saya jawab dari minggu lalu, dari minggu lalu, sudah dari minggu lalu pertemuannya," ujarnya.

Related

News 5247911890440910571

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item