Seorang Wanita Tewas Gara-gara Makan Nasi Goreng Sisa Semalam


Seorang wanita mengalami hal tragis yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Gegara makan nasi goreng sisa semalam, wanita ini berakhir meninggal.

Beberapa makanan bisa tetap enak meskipun sudah didiamkan semalaman atau lebih. Namun, ketahanan ini tergantung dari jenis makanannya. Sebab, ada beberapa makanan yang kualitasnya berubah jika sudah dibiarkan dalam waktu lama. Makanan seperti itu harus dihindari, karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sekalipun tampilan dan rasanya masih enak, bukan berarti makanan tersebut aman dikonsumsi. Perlu perhatian khusus jika ingin mengonsumsi makanan dengan kondisi seperti ini.

Jika tidak, kamu bisa saja berisiko terkena penyakit. Dalam kasus yang lebih buruk, bisa menyebabkan kematian, seperti yang terjadi pada wanita ini.

Seorang wanita tua asal China mengalami hal tragis. Menurut laporan dari Xiandai Kuaibao, sepasang lansia berusia kurang lebih 80 tahunan, Mr Li dan Madam Yang, mengonsumsi nasi goreng sisa semalam. Tidak lama kemudian, lansia asal Haimen, Nantong, Provinsi Jiangsu, China itu mengalami diare dan muntah-muntah. Dilaporkan, keduanya muntah dan sudah pergi ke toilet lebih dari 10 kali.

Melihat kondisi menyedihkan ini, anggota keluarga bergegas membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan. Di rumah sakit setempat, tekanan darah Mr Li dan Madam Yang turun dengan cepat. Asam laktat mereka pun jauh di atas kondisi normal. Gejala-gejala ini dikenal sebagai kondisi asidosis, lapor weirdkaya.com.

Karena kondisi yang cukup parah, mereka dipindahkan ke rumah sakit yang lebih memadai untuk perawatan. Sayang sekali, Madam Yang tidak selamat dan berakhir meninggal dunia. Sedangkan Mr Li dirawat di ruang gawat darurat karena kondisi ICU saat itu yang tidak memiliki cukup tempat tidur.

Melihat kondisi pasangan tua itu, dokter bertanya makanan apa yang baru saja mereka makan. Setelah diberi tahu makanannya nasi goreng, dokter ini menemukan pasangan itu menderita infeksi bakteri yang menyebabkan sepsis dan kegagalan banyak organ karena inflamasi mereka sangat tinggi.

Sang istri tidak terselamatkan, tetapi Mr Li akhirnya sembuh total setelah 10 hari perawatan di rumah sakit. Namun, ia diliputi kesedihan dan penyesalan atas kejadian yang dialami oleh istrinya. Jika ia tahu efeknya seperti ini, mungkin dia dan istrinya tidak akan makan nasi goreng tersebut.

Meskipun nasi goreng terlihat seperti makanan yang tahan lama, tetapi makanan ini juga bisa basi dengan cepat. Sebaiknya hindari makan nasi goreng yang sudah basi karena akan memicu munculnya bakteri Bacillus cereus, yang menjadi penyebab bahaya atau sering dikatakan sebagai sindrom nasi goreng.

Cara memasak nasi goreng juga bisa mendatangkan bahaya. Nasi sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan agar tidak menimbulkan pertumbuhan bakteri beracun, seperto B.Cereus. Bakteri ini tidak akan mati meski dimasak dalam suhu panas. Bakteri ini justru mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan penyakit berbeda. Salah satunya menyebabkan diare dan mual.

Related

World's Fact 33875676329841887

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item