Apa Itu Dialisis untuk Orang yang Mengalami Gagal Ginjal?


Menurut Cleveland Clinic, dialisis adalah pengobatan untuk orang yang gagal ginjal. Ketika mengalami gagal ginjal, ginjal akan kesulitan menyaring darah sebagaimana mestinya. Akibatnya, limbah dan racun menumpuk di aliran darah.

Orang yang mengalami gagal ginjal, atau penyakit ginjal stadium akhir (ESRD), mungkin memerlukan dialisis. Cedera dan kondisi seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan lupus dapat merusak ginjal.

Terkait dengan jantung, terdapat hubungan erat antara ginjal dan jantung. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika terjadi gangguan pada jantung, ginjal juga akan terkena dampaknya, begitu pula sebaliknya.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau kerusakan, proses pembuangan cairan dan elektrolit yang berlebihan dalam tubuh mulai terganggu. Pada kondisi ini, penderita gagal ginjal kronis sudah memasuki stadium akhir, pembuangannya harus melalui bantuan alat cuci darah atau dialisis.

Peningkatan jumlah cairan dan elektrolit dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Cairan yang berlebihan mengharuskan jantung bekerja lebih keras untuk memompa cairan tersebut ke seluruh tubuh, yang akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung. Namun, dampak dari penumpukan cairan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempengaruhi irama jantung.

Related

Health 6039554148277990878

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item