Biografi Lengkap James Patterson, Penulis Terlaris Amerika (Bagian 1)


James Brendan Patterson (lahir 22 Maret 1947) adalah penulis Amerika. Di antara karyanya adalah Alex Cross, Michael Bennett, Women's Murder Club, Maximum Ride, Daniel X, NYPD Red, Witch & Wizard, serial Private and Middle School, serta banyak novel thriller, non-fiksi, dan roman yang berdiri sendiri. 

Buku-bukunya telah terjual lebih dari 425 juta eksemplar, dan dia adalah orang pertama yang menjual 1 juta e-book. Pada 2016, Patterson menduduki puncak daftar penulis dengan bayaran tertinggi versi Forbes selama tiga tahun berturut-turut, dengan penghasilan sebesar $95 juta. Total penghasilannya selama satu dekade diperkirakan mencapai $700 juta.

Pada November 2015, Patterson menerima Penghargaan Sastrawan dari National Book Foundation. Patterson telah menyumbangkan jutaan dolar dalam bentuk hibah dan beasiswa ke berbagai universitas, perguruan tinggi guru, toko buku independen, perpustakaan sekolah, dan mahasiswa, untuk mempromosikan literasi.

Masa muda

James Patterson lahir pada 22 Maret 1947, di Newburgh, New York, putra dari Isabelle (née Morris), seorang ibu rumah tangga dan guru, dan Charles Patterson, seorang pialang asuransi. Keluarga itu adalah kelas pekerja dan keturunan Irlandia. Dia lulus summa cum laude dengan gelar B.A. dalam bahasa Inggris dari Manhattan College dan gelar M.A. dalam bahasa Inggris dari Vanderbilt University.

Patterson adalah kandidat PhD di Vanderbilt ketika dia bekerja sebagai eksekutif periklanan di J. Walter Thompson. Setelah pensiun dari periklanan pada tahun 1996, dia mengabdikan waktunya untuk menulis. Pengaruh terbesarnya, katanya kemudian, mungkin adalah novel debut tahun 1959 Evan S. Connell, Mrs. Bridge. 

Pada tahun 1976, ia menerbitkan novel pertamanya, The Thomas Berryman Number. Novel tersebut menampilkan karakter Alex Cross, seorang psikolog forensik dari Washington DC. Polisi Metropolitan dan Biro Investigasi Federal yang bekerja sebagai psikolog swasta dan konsultan pemerintah, adalah seri detektif AS paling populer dan terlaris di tahun 2010-an. Patterson telah menulis lebih dari 200 novel sejak 1976. 

Dia telah memiliki lebih dari 114 novel terlaris New York Times, dan memegang rekor The New York Times untuk buku terlaris #1 New York Times terbanyak oleh seorang penulis tunggal (67 judul) yang juga merupakan Rekor Dunia Guinness. Novelnya menyumbang satu dari 17, kira-kira 6%, dari semua novel hardcover yang dijual di Amerika Serikat; dalam beberapa tahun terakhir novel-novelnya telah terjual lebih banyak daripada gabungan karya-karya Stephen King, John Grisham, dan Dan Brown. 

Buku-bukunya telah terjual sekitar 305 juta eksemplar di seluruh dunia. Pada tahun 2008, ia menggantikan Jacqueline Wilson sebagai penulis yang paling banyak dipinjam di perpustakaan Inggris. Dia mempertahankan posisi ini setidaknya hingga 2013. Pada tahun 2018, dia bekerja dengan Stephen David Entertainment di serial televisi James Patterson's Murder Is Forever.

Penghargaan Patterson termasuk Edgar Award, Thriller of the Year dari BCA Mystery Guild, penghargaan International Thriller of the Year, dan Children's Choice Book Award untuk Penulis Tahun Ini. Dia adalah penulis pertama yang memiliki judul baru No. 1 secara bersamaan di daftar buku terlaris dewasa dan anak-anak The New York Times, dan memiliki dua buku di daftar sepuluh besar NovelTrackr pada saat yang sama. 

Pada 2019, Patterson dianugerahi National Humanities Medal. Dia muncul di acara TV Fox The Simpsons (dalam episode "Yokel Chords") dan di berbagai episode Castle sebagai dirinya sendiri.

Patterson bekerja dengan berbagai rekan penulis, seperti J.D. Barker, Candice Fox, Maxine Paetro, Andrew Gross, Mark Sullivan, Ashwin Sanghi, Michael Ledwidge, dan Peter de Jonge. 

Pada Mei 2017, diumumkan bahwa Patterson juga akan ikut menulis buku fiksi kejahatan dengan mantan Presiden AS, Bill Clinton. Patterson berkata bahwa novel The President Is Missing memberikan tingkat detail yang hanya bisa diberikan oleh mantan presiden AS. 

Patterson sering mengatakan bahwa berkolaborasi dengan orang lain membawa ide-ide baru dan menarik ke dalam ceritanya. Dari prosesnya, dia mengatakan lebih mahir dalam memimpikan plot daripada menyusun kalimat demi kalimat.

Pada September 2009, Patterson menandatangani kesepakatan untuk menulis 11 buku untuk orang dewasa dan 6 untuk dewasa muda pada akhir tahun 2012. Forbes melaporkan kesepakatan tersebut bernilai setidaknya $150 juta, tetapi menurut Patterson perkiraan tersebut tidak akurat.

Patterson mendirikan James Patterson PageTurner Awards pada tahun 2005 untuk mendonasikan lebih dari $100.000 pada tahun itu kepada orang-orang, perusahaan, sekolah, dan institusi lain yang menemukan cara orisinal dan efektif untuk menyebarkan kegembiraan buku dan membaca. 

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap James Patterson, Penulis Terlaris Amerika (Bagian 2)

Related

Books 2776164530477263073

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item