Cara Setting HP agar Bebas dari Tagihan Debt Collector


Rasanya permasalahan debt collector tidak ada habisnya untuk dibahas. Apalagi bagi mereka yang punya pinjaman berupa pinjol, paylater, kartu kredit, leasing, dan lain sebagainya. 

Seringkali, teror dari debt collector datang dalam bentuk chat atau telepon. Penagihan itu biasanya jadi awal mula ketika nasabah mulai telat bayar atau telbay.

Sudah bukan rahasia lagi kalau penagihan oleh debt collector via chat atau telepon bisa sangat mengganggu. Belum lagi kata-kata kasar dan tidak sopan yang dikirim bisa membuat tidak nyaman.

Namun, itu sudah jadi tugas dari debt collector untuk membuat nasabahnya jadi membayar tagihan. Kalau sudah begitu, nasabah jadi kocar-kacir menghadapi debt collector dan akhirnya tertekan sampai berutang lagi demi menutup utang yang sudah ditagih.

Tapi ada baiknya kita tetap tenang saat penagihan sudah mulai berjalan. Soalnya, kita mau utang lunas tanpa ada utang yang baru. Hal itu membutuhkan pikiran yang tenang dan penataan keuangan yang baik.

Tapi gimana dengan penagihan debt collector yang terus masuk ke HP? Solusinya adalah dengan menghentikannya. Memangnya bisa? Langsung simak caranya di bawah ini yuk!

Pasang Aplikasi Get Contact

Seringnya, debt collector menelepon dengan menggunakan banyak nomor telepon. Hal ini bisa membuat kita mengira semua nomor yang tidak kita simpan adalah debt collector. Padahal bisa jadi ada nomor penting, apalagi yang sedang melamar pekerjaan.

Solusinya adalah install aplikasi Get Contact, supaya kita bisa cek nomor tidak dikenal yang menelepon tapi tak terangkat.

Ubah Setting Telepon Masuk di HP

Buka Setting atau Pengaturan di HP. Pilih opsi "Block semua panggilan yang tidak ada di Phone Book" guna mencegah banyaknya telepon yang masuk.

Ubah Setting WhatsApp

WhatsApp selalu jadi sasaran empuk debt collector yang menagih. Entah dengan chat, telepon, sampai video call pun akan dilakukan demi nasabah membayar tagihan. Nah, supaya di WhatsApp juga aman dari serbuan teror, coba cara yang satu ini.

Pilih Settings atau Pengaturan dan aktifkan fitur silence unknown calling. Pindah kebagian Privacy dan aktifkan protect IP address. Setiap ada chat dari debt collector, langsung Archive, jangan diblok atau ditanggapi. Soalnya kalau diblok, mereka menandai kita, berarti merespons mereka.

Cek Aplikasi Pinjaman

Pada bagian Settings atau Pengaturan HP, cari aplikasi pinjol atau paylater yang digunakan. Langsung pilih clear storage dan clear cache, sekaligus nonaktifkan semua perizinan ke aplikasi lain seperti kamera, kontak, dan lain-lain. Screenshot semua tagihan yang berjalan dan simpan baik-baik.

Nah, dengan begini kita bisa jadi lebih tenang dalam menghadapi utang. Jangan lupa, kita juga harus terus mencari cara untuk melunasi utang tanpa utang baru.

Related

Tips 2754996150705787594

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item