Fakta-fakta Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso Ditangkap KPK


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Sorong, Papua Barat Daya. Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, ditangkap KPK.

Diketahui, OTT KPK ini berkaitan dengan kongkalingkong audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) wilayah Papua Barat Daya. Selain Pj Bupati Sorong, KPK juga menangkap pemeriksa BPK Papua Barat Daya. Berikut informasinya.

Pj Bupati Sorong Ditangkap KPK

KPK menangkap Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso. OTT KPK pada Yan dilakukan pada Minggu (12/11/2023).

"Benar kami tanggal 12 November sekitar jam 23.00 telah melakukan giat tangkap tangan di wilayah sorong terhadap penyelenggaraan negara. Dugaan TPK serta pihak terlibat masih sedang kami dalami," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Senin (13/11/2023).

2. Dugaan Kongkalingkong Audit BPK Papua Barat Daya

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso. OTT itu terkait dugaan kongkalikong audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) wilayah Papua Barat Daya.

"Atas dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam pemeriksaan dengan tujuan tertentu BPK untuk wilayah Propinsi Papua Barat Daya TA 2023," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (13/11/2023).

3. Lima Orang Diamankan

Selain Yan Piet Mosso, Pj Bupati Sorong, KPK juga mengamankan perwakilan BPK Provinsi Papua Barat Daya. Total, ada lima orang yang diamankan dalam OTT ini.

"Sejauh ini ada beberapa orang yang ditangkap tim KPK, di antaranya tiga pejabat Kabupaten Sorong dan dua orang pemeriksa BPK perwakilan Provinsi Papua Barat Daya," kata Ali.

Yan dan empat orang lainnya saat ini tengah diperiksa intensif di Sorong. Ali mengatakan pihaknya akan terus menyampaikan perkembangan terkait kasus ini.

"Masih dilakukan pemeriksaan tim KPK dan segera kami sampaikan perkembangannya," ujarnya.

4. Ruangan di Kantor Bupati Sorong Disegel

Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso terkena OTT KPK. Penyidik turut menyegel tiga ruangan di area kantor Bupati Sorong dalam proses OTT tersebut.

Tiga ruangan yang disegel berada di area Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Ruangan yang disegel salah satunya milik Kepala BPKAD Efer Segidifat.

Dua ruangan lainnya merupakan milik Sekretaris BPKAD Fredrik H. Z Murmana dan Kasubag Keuangan Aponsina Kalabin. Ketiga ruangan yang disegel dipasangi stiker.

5. Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso Diterbangkan ke Jakarta

Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso diterbangkan ke Jakarta setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Yan sempat menjalani pemeriksaan di Polresta Sorong Kota. Selain Yan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Efer Segidifat juga digelandang petugas untuk dibawa ke Jakarta.

6. KPK Amankan Sejumlah Uang

Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Tim KPK turut mengamankan barang bukti berupa uang dalam OTT tersebut.

"Selain menangkap beberapa penyelenggara negara, tim KPK juga mengamankan uang dalam bentuk rupiah," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (13/11/2023).

Ali mengatakan sejumlah uang dalam bentuk mata uang rupiah itu masih dikonfirmasi terhadap pejabat yang ditangkap KPK dalam OTT tersebut.

Related

News 1826230352687868856

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item