Lalat Memiliki Penciuman Tajam Sekaligus Mata yang Awas


Jika berbicara tentang lalat, benak kita biasanya terpikir pada sesuatu yang jorok. Ya, lalat memang hewan yang terkenal jorok dan hidup di lingkungan yang kotor.

Namun, ternyata lalat juga memiliki kemampuan untuk dapat menyehatkan bagi manusia. Bagaimana bisa? Salah satu fakta terbaik tentang lalat telah ditemukan, yaitu kandungan zat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Penasaran? Simak fakta-fakta unik tentang lalat berikut ini:

Sayap lalat menyehatkan

Satu-satunya bagian tubuh lalat yang menyehatkan adalah sayap. Ilmuwan Australia telah meneliti lalat dan menemukan bahwa ternyata sayap lalat dapat dimanfaatkan untuk industri dan kesehatan.

Pada sayap lalat terdapat gen reflin yang membuat hewan tersebut mampu mengepakkan sayapnya 200 hingga 400 kali per detik. Gen reflin juga memiliki kandungan zat yang dapat mengobati beberapa penyakit gangguan saraf seperti arteri dan meina.

Mungkin bagi yang muslim pernah mendengar hadist Rasulullah yang mengatakan bahwa jika seekor lalat jatuh pada minuman, maka benamkanlah lalat tersebut. Sebab di salah satu sayapnya terdapat penyakit, dan sayap lainnya mengandung penyembuhnya.

Penciuman tajam

Lalat memiliki penciuman yang menakjubkan. Hewan ini dapat mencium makanannya hingga jarak 2 km.

Banyak lensa mata, tapi rabun

Lalat memiliki dua mata. Setiap matanya memiliki sekitar 4.000 lensa yang mampu melihat hampir ke segala arah. Itulah sebabnya Anda sangat sulit memukul lalat karena mereka dapat melihat Anda meski membelakangi Anda.

Namun, lalat tidak dapat melihat dengan baik meskipun memiliki kelebihan tersebut. Daya visual yang dimiliki hewan sangat buruk. Ilmuwan mengatakan bahwa lalat juga sulit membedakan warna, tetapi sangat sensitif pada gerakan.

Muntah dulu sebelum makan

Ilmuwan mengungkapkan fakta lain tentang bagaimana serangga ini makan. Mereka mengatakan bahwa lalat akan memuntahkan isi di perutnya ke makanan sebelum menyantapnya. Muntahan lalat mengandung enzim volidrop yang dapat mencairkan makanan, sehingga mereka lebih mudah mencernanya.

Pembawa bakteri terbanyak

Satu ekor lalat diketahui mampu membawa setidaknya sekitar 200 bakteri berbeda, baik di kaki, badan, kepala, dan lainnya.

Umur pendek

Ternyata lalat hanya memiliki umur pendek, yaitu sekitar 30 hari. Namun alat betina mampu bertelur sekitar 3.000 butir dan menetas dalam waktu 14 hari saja. Mungkin ini yang dikatakan sebagai mati satu tumbuh beribu-ribu.

Suka buang air

Lalat ternyata sering buang air, bahkan dalam jangka waktu 4-5 menit sekali. Sehingga, jika Anda dihinggapi lalat, jangan sampai lebih dari 4 menit. Sebab hampir dipastikan anggota tubuh Anda sudah diberi 'ranjau' oleh lalat.

Related

Science 8078864989792311859

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item