Mantan Sopir Pribadi Jokowi Ungkap Kebiasaan Sang Presiden


Presiden Joko Widodo alias Jokowi pernah memiliki sopir pribadi saat masih menjabat sebagai Wali Kota di Solo.

Ada banyak kenangan yang tersimpan di benak sang mantan sopir. Dia adalah Suliadi, pria asli Malang, Jawa Timur. Ia membagikan kenangannya saat menjadi sopir pribadi, dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Presiden Jokowi.

Suliadi pun membongkar kebiasaan Jokowi ketika di dalam mobil. Menurutnya, Jokowi adalah sosok yang santai dan kerap membawa kaset lagu-lagu band Metallica hingga musik tradisional.

“Bapak Jokowi gak pernah macam-macam, di dalam mobil santai,” uca Suliadi, dikutip dari kanal YouTube Presiden Joko Widodo, pada Senin 20 November 2023.

“Biasanya bawa kaset lagu-lagu, Metallica, musik klenengan (gamelan Jawa),” lanjutnya.

Selain itu, Suliadi mengaku kerap mempersiapkan beberapa makanan ketika mengantar Presiden Jokowi.

“Persiapannya (mengantar Jokowi) roti, pisang rebus, terus kacang rebus,” ujar Suliadi.

Suliadi juga menceritakan momen unik saat mengantar Presiden Jokowi. Salah satunya adalah saat Jokowi tertidur di dalam mobil. Suliadi bercerita, kala itu Jokowi baru pulang dari Semarang dan tertidur di dalam mobil. Ketika sudah sampai di rumah, sang presiden masih tertidur nyenyak sehingga Suliadi enggan membangunkan.

Ia bersama ajudan Jokowi harus menunggu satu jam hingga sang presiden terbangun.

“Pulang dari Semarang, kan bapak tidur. Sampai rumah, kok gak bangun-bangun, begitu pikir saya sama ajudan,” kata Suliadi.

“(Satu jam setelahnya), Pak Jokowi nanya, ‘memang sudah lama ya, Pak, sampai rumah?’ Saya bilang, ‘Iya, segitulah, Pak. Kira-kira satu jam’. Pak Jokowi bertanya, ‘Kok tidak dibangunkan?’ Saya jawab, ‘Kayaknya Bapak keliatan capek sekali,” lanjut Suliadi.

Suliadi juga mengaku bahwa selama menjadi sopir, dia tidak pernah dimarahi oleh Jokowi. Menurut kerabat dekat, Jokowi bahkan tak segan memberikan rumah yang ada di Tirtoyoso, Solo, untuk Suliadi sebagai bentuk apresiasi.

“Berkembangnnya waktu, Pak Jokowi jadi wali kota dan pindah ke Jakarta. Pak Suliadi waktu itu ngontrak ngga tahu di mana, akhirnya dikasih tempat yang layak, bisa berkumpul dengan keluarganya, di rumah Pak Jokowi itu,” ucap Widodo Prasetyo, paman Jokowi.

Related

News 4962638397292716877

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item