Memahami Cara Belut Listrik Menghasilkan Listrik


Listrik yang dihasilkan oleh belut listrik sama dengan prinsip baterai, dimana ekornya mempunyai kutub positif dan ujung kepalanya berkutub negatif, dan dalam sel-selnya membentuk piringan yang menghasikan elektrosit berupa lendir.

Piringan tersebut tersusun sejajar dan menghadap ke satu arah, biasanya mencapai 150–200 piringan dalam satu susunan. Jadi bisa dibayangkan jika semakin besar ukuran belut tersebut maka susunan piringan akan semakin banyak dan listrik yang dihasilkan semakin besar.

Belut hanya akan mengeluarkan daya listrik jika menerima pesan dari otot syaraf yang langsung mengaktifkan cairan elektrositnya. Ketika semua voltase pada setiap piringan menyatu, maka torpedo mampu menghasilkan 220 volt dan belut listrik mencapai 650 volt.

Bentuk belut listrik lebih didominasi pada ekor, yang lebih panjang dari tubuh belut sendiri. Ekor inilah sebenarnya yang menyimpan energi listrik potensial dari lempengen-lempengan horisontal dan vertikal, mencapai 5.000 buah.

Meskipun pada satu lempengan hanya menghasilkan listrik berdaya kecil, namun jika disatukan akan menimbulkan daya listrik besar yang mampu menghidupkan sebuah kapal besar.

Related

Science 7594589175780410882

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item