Mengenal Aneka Istilah Bahasa Gaul, dari Ngabers sampai Kuproy


Ngabers adalah istilah yang sering dijumpai pada media sosial, khususnya TikTok. Istilah ini pertama kali populer dan banyak dikenal orang, karena adanya postingan yang memiliki keterangan ngabers.

Bagi pengguna media sosial aktif, kata ngabers adalah istilah dalam bahasa gaul yang cukup familiar, meski begitu masih ada pengguna media sosial lain yang bertanya-tanya arti dari kata ngabers.

Pasalnya, dalam media sosial, kata ngabers memiliki banyak arti dan makna. Padahal kata ngabers adalah istilah dalam bahasa gaul yang berasal dari kata ngab atau bang yang di balik. Lantas apa arti kata ngabers?

Arti Ngabers dan Penggunaannya

Kata ngabers adalah istilah dalam bahasa gaul yang berakar dari kata ngab. Istilah ngab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak ditemukan, meski begitu arti ngab dalam bahasa gaul adalah panggilan atau sapaan untuk laki-laki yang dianggap lebih dewasa atau sepantaran. 

Istilah "ngab" sebenarnya berasal dari kata "bang" yang di balik. Secara bahasa, istilah ini bisa dikategorikan sebagai slang. Slang adalah ragam bahasa tidak resmi dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern, dengan maksud agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.

Jika berdasarkan penjelasan di atas, ngabers adalah sapaan bagi seseorang yang suka memanggil orang lain dengan sebutan ngab. Namun, seiring berjalannya waktu, kata ngabers memiliki konotasi negatif di media sosial.

Banyak yang menyebut bahwa ngabers adalah sapaan yang diberikan untuk orang yang sering menghina, merendahkan, atau berkomentar negatif. Namun, karena sering digunakan, para netizen seolah sepakat bahwa ngabers adalah sebutan bagi orang yang suka menghina atau merendahkan saat berkomentar.

Makna Ngabers yang Lain

Berbeda halnya dengan pernyatan di atas yang menyebut bahwa ngabers adalah sebutan bagi orang yang suka menghina atau merendahkan saat berkomentar, sebagian pengguna media sosial yang lain menyebut bahwa ngabers adalah kaum atau kelompok orang yang memiliki karakter tertentu ketika menaiki motor.

Ngabers disematkan kepada mereka yang mengendarai motor dengan karakter atau ciri-ciri tertentu, yaitu sering melakukan modifikasi motor tanpa mempertimbangkan keamanan dan perlindungan diri sendiri, yang nantinya bisa membahayakan orang lain atau pengguna jalan lain karena kecerobohan mereka. Meski memiliki konotasi negatif, para remaja yang hobi motor sering menggunakan istilah tersebut untuk menyapa seseorang dengan hobi yang sama.

Istilah Bahasa Gaul yang Lain

Selain istilah ngabers, terdapat banyak istilah dalam bahasa gaul yang perlu anda ketahui. Berikut rinciannya:

a. Pansos

Pansos merupakan singkatan panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

b. Halu

Kata ini adalah kependekan halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

c. Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada orang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

d. Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet, menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”. Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. 

Istilah tambahan Kuproy lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”. Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan.

e. Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

f. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

g. Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone, yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

h. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”.

i. High-key dan Low-key

Low-key artinya tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

j. Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

Related

Lifestyle 6752050573037683506

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item