Kisah Mantan Aktor Lawas yang Kini Hidup Sendirian di Hutan


Baru-baru ini viral kondisi mantan aktor lawas era Roy Marten, yang tinggal di tengah hutan. Sosok aktor lawas tahun 80-an tersebut bernama Sunandar, dan sudah hidup menyendiri selama 3 tahun di kawasan pegunungan. Dari pengakuannya, Sunandar dulu pernah bermain film dan hidup berkecukupan. 

Di balik hidupnya yang kini terasing, Sunandar punya kisah pahit yang membuat netizen trenyuh. Sunandar muncul sejak seorang Youtuber bernama Hardi menyambangi kediamannya. 

Menurut Hardi, Sunandar sebetulnya asli orang Palembang, Sumatera Selatan, namun tinggal di tengah hutan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju rumah Sunandar, Hardi harus jalan kaki selama 2 jam naik gunung dan melewati hutan pinus. 

Setelah tiba, tampak rumah Sunandar hanya berdinding kayu dan beralas tanah tanpa ada tetangga di kanan-kirinya. Sunandar sudah menempati rumah sederhana itu kurang lebih 3 tahun seorang diri dan jauh dari pemukiman warga. 

Di samping rumah ada sebuah mobil jeep lawas yang sudah terbengkalai, sisa-sisa masa kejayaan Sunandar. Mobil tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi karena kondisi kendaraan yang telah dimakan usia.

Alasan Sunandar memilih tinggal sendiri di tengah hutan karena menurutnya lebih enak dan tenang. "Enaklah cocok di sini, adem" ujar Sunandar, mengutip Youtube Hardi ArtVenture, (7/9/2023). 

Sunandar tidak memiliki anak, tapi sudah pisah dengan istrinya yang berasal dari Bandung. Sehari-hari, Sunandar hidup dari hasil alam melalui ladang dan kolam ikan. 

Kisah pahit hidup Sunandar dimulai sejak mengenal seorang wanita yang kini jadi mantan istrinya. Sunandar yang merantau ke Bandung menikah di usia 54 tahun dengan seorang wanita yang disebutnya sebagai janda kembang. 

Saat menikah, istri Sunandar masih berusia 19 tahun tapi mereka akhirnya bercerai karena masalah uang. Sunandar yang saat itu masih bergelimang harta, uangnya dikuras habis oleh istrinya sampai tidak memiliki apa-apa. 

“Yah, semua habis oleh istri, ya begitulah seperti ditipu,” ujar Sunandar.

Manurut Sunandar, hubungannya dengan mantan istri tidak lama, hanya berjalan satu bulan. Setelah itu, rumah tangganya sudah tidak bisa dipertahankan lagi dan Sunandar pun akhirnya pisah dengan istri.

Alasan Sunandar tidak pulang ke Palembang karena sudah tidak memiliki apa-apa di kampung sehingga tidak ingin merepotkan keluarga. Menurut Sunandar, hartanya di kampung juga sudah habis untuk menikahi istrinya. Bahkan kata Sunandar, mantan istrinya sudah menikah lagi padahal baru pisah. 

"Istilahnya itu nyeleweh, lah, setelah pisah tahu-tahu langsung aja dapet orang lain lagi" kata Sunandar. 

Selain itu, hubungan Sunandar dan mantan istrinya juga sempat mendapat penolakan dari mertua. 

Kendati kini hidup sederhana, Sunandar sudah menjalankan rukun Islam ke-5 yakni menunaikan Haji. Foto-foto Sunandar selama berada di Mekkah dan Madinah pun diperlihatkan kepada Hardi. Terlepas dari itu, Sunandar sendiri tidak trauma dengan masa lalunya dan masih ingin menikah lagi. 

Sehari-hari, Sunandar tidur di lantai dengan alas karpet berwarna hijau. Di rumahnya juga ada TV yang diletakkan di meja, dengan barang-barang berantakan di samping-sampingnya. Sedangkan di dinding kamar Sunandar tampak banyak pakaian yang tergantung.

Kondisi rumah Sunandar pun cukup memprihatinkan. Namun, inilah jalan hidup yang diambil Sunandar setelah dulunya mencapai ketenaran di dunia hiburan.

Sampai berita ini tayang, video mengenai Sunandar sudah ditonton 2,3 juta kali di channel Youtube Hardi ArtVenture.

Related

News 5199579709237727438

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item