Menpora: Perputaran Uang Piala Dunia U-17 Mencapai Rp 305 Miliar


Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito Ariotedjo mengungkapkan perputaran uang yang terjadi dari gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia mencapai Rp 305 miliar. Dari perputaran uang itu ada potensi angka pengganda sebesar 1,6 kali ke berbagai sektor.

"Diketahui dari penyelenggaraan piala dunia menghasilkan perputaran uang sebesar Rp 305 miliar dengan angka pengganda sebesar 1,6," beber Dito di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Senin (4/12/2023).

Perputaran uang tersebut diyakini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sektoral dan kewilayahan. Menurut analisis ekonomi yang dihitung pihaknya, potensi tambahan nilai produksi barang dan jasa di Indonesia yang dihasilkan dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di 4 daerah sebesar Rp 250 miliar.

"Dari segi PDB pun mengalami peningkatan sebesar Rp 229,2 miliar, dengan demikian penyelenggaraan U-17 berdampak pada pertumbuhan ekonomi berdasarkan sektor sebesar 0,02%," sebut Dito.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 juga bakal memberikan sejumlah multiplier effect kepada pertumbuhan berbagai sektor usaha di Indonesia seperti tempat wisata, food and beverage, merchandise sepak bola, penginapan, serta UMKM kriya.

"Di antara kelima sektor tersebut pariwisatalah yang paling terdampak, mengalami kenaikan pendapatan usaha rata-rata sekitar 58,4% dibandingkan hari biasa," ujar Dito.

Related

News 514181189880355155

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item