Ribut-ribut Soal Cleopatra Djapri dan Lowongan ART Gaji Rp 1,7 Juta


Nama Cleopatra eks JKT 48 viral dan trending topic di X (Twitter). Penyebabnya pemilik nama lengkap Cleopatra Djapri ini membuka loker Asisten Rumah Tangga atau ART dengan gaji minim, tetapi kriteria dinilai tidak manusiawi.

Adapun daftar persyaratan loker ART yang dibuka Cleopatra dibagikan oleh pemilik akun X @/nurultryani. Akun ini membagikan tangkapan layar loker ART yang dibuka Cleopatra, di mana loker itu menuliskan bahwa gaji ART akan ditahan selama 3 bulan.

"Dear Mbak Cleopatra, gaji Rp 1,7 juta per bulan dengan kerjaan seabrek dan ditahan gaji 3 bulan kamu dzolim! Udah bayaran gak seberapa dengan kerjaan yang masya Allah ini mending saya mah nangis aja," kritik akun ini dalam cuitannya pada Selasa (5/12/2023).

Dalam kriteria loker Cleopatra, dituliskan pekerjaaan ART setiap hari. Mulai dari nyapu, ngepel, mencuci baju, masak dan mengurus 3 anak Cleopatra. Ia juga mewajibkan sang ART bisa memasak karena sudah ada YouTube.

Selanjutnya, Cleopatra juga mengatakan bahwa gaji ART itu akan ditahan selama 3 bulan, alias sang ART tidak akan diberi gaji dalam kurun waktu 3 bulan. Alasannya, kata Cleopatra, agar ART tidak berhenti kerja dalam waktu seminggu.

"Gaji akan ditahan selama 3 bulan di bulan ke-4 turun semua (alasan kenapa ditahan, biar cobain kerja sama saya 3 bulan, kalau sekiranya dalam waktu 3 bulan ngerasa gak sanggup boleh minta berhenti, bukan baru seminggu minta berhenti)," tulis akun ini.

Namun usai viralnya loker ART itu, Cleopatra dikabarkan memberikan klarifikasi. Hal ini diungkap oleh pemilik akun @/nurultryani. Cleopatra mengatakan bahwa gaji Rp 1,7 bulan itu belum termasuk bonus.

"Gaes aku mau update soal cuitan ku ini soal Cleopatra. Jadi semalem aku ditelepon sama Cleo sekitar jam 11 malam (karna aku kontek dia duluan buat nanyain hal ini). Selama percakapan itu Cleo mengakui kalau status itu memang punya dia, yang dia share ke FB pribadi punya dia," tulis akun ini.

"Cleo bilang kalau gaji Rp 1,7 juta itu pure cuma gaji pokok aja belum termasuk bonus, benefit yang bakal dia kasih ke ART nya nanti. Kenapa gak ditulis aja dapat benefit? Nah kalau Cleo bilang itu ranah pribadi dia dan keluarganya soal benefit itu makanya dia gak mau cantumin itu," sambungnya.

Cleopatra juga disebut tidak terima dibilang zolim karena tidak menggaji ART selama 3 bulan. Menurutnya, ia hanya menahan gaji sang ART dan akan memberikannya di bulan keempat.

"Dia juga bilang kalau gak mau orang yang kerja sama dia karena ngeliat benefit yang dia kasih itu, makanya dia share lokernya begitu. Aku gak tahu sih berapa benefit yang dijanjiin Cleo karena dia gak nyebutin itu dan jadi urusan pribadi dia. Mungkin nanti bisa ketahuan kalau ada proses interview sama kandidat," beber akun ini.

"Terus karena twit ku nyebut 'dzolim' wkwk Cleo bantah dirinya dzolim dengan menahan gaji 3 bulan ART-nya. (Karena omongan dzolim ku ini mengarah ke penahanan gaji). Cleo bilang kalau dia akan memberikan semua gaji di bulan ke 4 sesuai dengan yang dia tulis. (mungkin juga sama bonus + benefit lain)," tambahnya.

Related

News 3682969098692785202

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item