Telaga di Bengkulu jadi Biru karena Pupuk, Warga Sempat Jadikan Obat


Hasil uji laboratorium sampel air telaga berubah warna biru di Bengkulu Tengah sudah keluar. Perubahan warna itu berasal dari pupuk sawit berlebih yang berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Kepala DLH Bengkulu Tengah Mahendra Gustian mengatakan, dari uji laboratorium tersebut, terdapat tiga parameter yang melebihi standar bahan baku air, seperti BOD, COD, dan phosphate total (PO4).

"Hasil uji air telaga biru telah ditemukan adanya kadar BOD, COD, dan fosfat yang berlebih tersebut, warna biru berasal dari zat kimia yang dilepaskan alga yang ada di dasar danau secara terus-menerus," katanya, Senin (20/11/2023).

Mahendra menjelaskan zat kimia yang dilepaskan alga membuat warna air sebelumnya jernih berubah menjadi biru. Apalagi telaga tersebut berada di tengah-tengah perkebunan sawit milik warga.

"Itulah mengapa warna air telaga menjadi biru, karena alga bisa mengeluarkan zat kimia berlebih tersebut dari kandungan pupuk yang tidak terserap oleh pohon sawit, lalu diserap oleh alga di dasar telaga," jelasnya.

Dari hasil uji laboratorium tersebut, kata Mahendra, dinyatakan bahwa air telaga tersebut tidak layak diminum atau konsumsi oleh warga.

Warga Sempat Ambil Air untuk Obat

Sebelumnya diketahui bahwa beberapa warga sempat mengambil air dari telaga yang berlokasi di Desa Talang Boseng, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, itu. Bahkan, ada warga yang memakai air itu untuk obat.

"Setiap hari ada puluhan orang datang ke telaga ingin mengambil air atau sekadar cuci muka," kata Imam Desa Talang Boseng Supirman, Sabtu (28/10/2023).

Sementara itu, warga Desa Sidodadi bernama Sumiarti mengaku datang ke telaga itu karena ia memiliki penyakit gatal-gatal pada kulit kaki. Sumiarti berharap air telaga mampu menghilangkan rasa gatalnya.

"Saya datang berharap air telaga bisa menghilangkan rasa gatal pada kaki saat dicuci," ungkap Sumiarti di lokasi.

Related

News 3383826773469231598

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item