UMP di Jakarta Rp5 Juta, Biaya Hidup Capai Rp 14,88 Juta per Bulan


Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Khoirudin, meminta Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI menambah subsidi bagi masyarakat. Menurut dia, penambahan bantuan itu penting, mengingat tingginya biaya hidup di Ibu Kota.

“Misal dengan KJP, lalu subsidi pangan, kemudian pengeluaran bagi pekerja juga bisa ter-cover pemerintah melalui Kartu Pekerja Jakarta (KPJ),” katanya dalam keterangan yang dilansir dari laman resmi DPRD DKI pada Kamis, 14 Desember 2023.

Khoirudin merujuk pada hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). BPS mencatat rata-rata nilai konsumsi per rumah tangga di Jakarta mencapai Rp 14,88 juta per bulan. 

"Nilai konsumsi yang tinggi ini disebabkan karena biaya hidup di kota tersebut tinggi," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam acara sosialisasi SBH 2022 yang dipantau secara virtual, Selasa, 12 Desember 2023, dilansir dari Antara.

Sementara itu, upah minimum provinsi (UMP) DKI 2024 hanya naik 3,6 persen menjadi Rp 5.067.381. Khoirudin menilai jumlah itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak di Jakarta. Oleh karena itu, lanjut dia, penting bagi Pemprov DKI untuk memberikan tambahan subsidi yang tepat sasaran. 

Anggota Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Suhud Alynudin sepakat dengan koleganya di Fraksi PKS itu. Suhud berharap Pemprov DKI mampu menstabilkan harga komoditas pangan, tetapi tidak hanya pada momen tertentu.

Related

News 4455407881092623934

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item