Viral Pria Tasikmalaya Kena Diabetes Umur 28, Ini Gejalanya


Seorang pria di Tasikmalaya, Irfan Ferlanda (29), mengidap diabetes di usia belia, di umurnya yang masih 28 tahun. Ia mengakui, dia memang amat doyan minuman manis kemasan. Semua bermula pada Agustus 2023, ketika dia menjalani operasi lipoma. Saat itu dokter menemukan, kadar gula di tubuh Irfan amat tinggi.

"Habis tes darah, perawatnya nanya, ‘Udah lama punya penyakit gula, Pak?’ Kaget dong aku. Umur masih 28 waktu itu, masa sih kena penyakit yang biasa diidap orang tua? Ternyata gula darah sewaktu itu udah 250 dan normalnya kurang dari 180," ungkap Irfan dalam akun X-nya, Jumat (1/12/2023).

Saat itu Irfan amat kaget. Sebab selama ini ia mengira, diabetes adalah penyakit yang hanya diidap oleh orang-orang berusia lanjut. Namun bercermin pada kesehariannya, Irfan menyadari bahwa selama ini gaya hidupnya tidak sehat. Ia sering menggunakan vape, jarang berolahraga dan sering sekali mengonsumsi minuman manis seperti teh manis dalam kemasan.

"Bulan Mei 2023 kemarin berat masih 90 kg dan tinggi 165 cm, nge-vape, kerjaannya cuma duduk, nggak pernah olahraga, dan hampir tiap hari minum manis-manis khususnya teh manis kemasan. Bener-bener hampir setiap hari," jelas Irfan.

Irfan menjelaskan, dia mengalami kebas di bagian kelingking kaki imbas diabetes. Meski begitu, Irfan sempat memutuskan untuk tidak langsung mengonsumsi obat untuk mengatasi penyakit gulanya. Ia ingin mencoba mengubah gaya hidup lebih dulu, untuk melihat apakah kondisinya bisa membaik dengan perubahan gaya hidup sehari-hari.

"Selama mengidap diabetes ini, tiga gejala klasik muncul ya. Mulai dari mudah lapar, haus, dan sering buang air kecil. Selain itu ada juga sedikit masalah dengan kelingking kaki saya yang terasa sedikit kebas sampai sekarang," beber Irfan.

Pada November 2023, Irfan kembali menjalani tes dan ditemukan kadar gulanya sudah normal. Berkat perubahan gaya hidupnya juga, Irfan berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 12 kg, dari yang sebelumnya mencapai 90 kg kini mencapai 78 kg.

"Saya memilih mencoba dulu selama 3 bulan untuk berupaya diet tanpa obat. Kalau nyatanya hasil tes kemarin belum normal, saya baru akan nurut dan minum obat," pungkas Irfan.

Related

Health 6638271920835728776

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item