Google Hapus Gmail, Lakukan Ini Agar Alamat Email Tak Hilang


Tahun ini Google bersih-bersih alamat Gmail lama yang sudah tak dipakai. Email tersebut dihapus mulai Desember 2023. Ini bukan dilakukan secara tiba-tiba. Google telah mengumumkan rencananya pada bulan Mei dalam upaya untuk mengurangi jumlah akun palsu.

Langkah bersih-bersih ini dilakukan Google karena akun Gmail gratis yang lama tidak aktif dirasa kurang aman dan rentan terhadap penyalahgunaan.

Setiap akun Gmail yang sudah tak aktif selama 2 tahun akan dihapus. Keputusan ini diambil untuk melindungi pengguna Gmail yang tidak aktif tersebut dari pencurian data dan kejahatan siber lainnya.

Akun yang dihapus hanya berlaku bagi pengguna Gmail gratis. Jika Anda memiliki alamat Gmail dari kantor atau sekolah, itu akan tetap aman meskipun tidak aktif.

Bagi yang tidak ingin kehilangan alamat email, Anda bisa melakukan 6 tips yang dijabarkan Google ini:
Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email
  • Gunakan Google Drive
  • Pakai untuk menonton video YouTube
  • Unduh aplikasi di Google Play Store
  • Menggunakan Google Search untuk browsing
  • Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Selain itu, Anda bisa menggunakan akun Google untuk berlangganan Google One, publikasi berita, atau aplikasi. Selama anda menggunakan akun Google untuk berlangganan, akun Google dianggap aktif.

Bukan cuma akun Gmail yang akan terdampak oleh kebijakan ini, melainkan semua ekosistem di Google Workspace. Artinya, file Docs, Drive, Meet dan Calendar terancam terhapus.

Google juga memutuskan hal yang sama berlaku bagi akun YouTube dan Google Photos. Akun dan akses keduanya juga turut bakal dihapus jika pengguna tak aktif selama 2 tahun.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," ungkap Google.

Related

News 6450131574793308099

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item