Hati-hati Modus Penipuan Amplop, Isinya Jebakan Mengerikan


Modus penipuan amplop pernah ramai dibahas di media sosial X. Tak sedikit pengguna X yang mengalami kejadian penipuan tersebut, yang ternyata jebakan mengerikan.

Salah satu cerita tentang modus penipuan amplop ini dibagikan oleh akun X @notiondesire. Dia mengawali thread-nya dengan mengimbau siapa pun untuk berhati-hati terhadap orang yang datang ke rumah, memberikan surat dalam amplop.

“Teman-teman, jika ada orang yang datang ke rumahmu dan ngasih surat, jangan pernah buka suratnya ya!’’ tulis pemilik akun tersebut.

Dia menceritakan, beberapa waktu lalu ada dua orang yang datang ke rumahnya. Saat itu waktu siang menjelang sore. Dua orang nekat menerobos pagar rumah korban yang dalam kondisi tertutup dan terkunci.

“Mereka masuk ke dalam teras rumah gue dengan seenak jidat. Tanpa nunggu orang rumah keluar dulu, mereka udah di dalam teras,” ujarnya.

Lalu, dua orang pelaku itu membawa amplop dengan tulisan, "Kepada: [nama lengkap korban] dan mengaku dari teman korban bernama Aldi yang tinggal di Jatiwaringin".

Padahal, pemilik akun @notiondesire yang bernama asli Gilang Ridzky itu sudah memastikan tak memiliki teman dengan nama Aldi dan tinggal di Jatiwaringin.

“Lucunya, gue gak punya temen namanya Aldi yang tinggal di Jatiwaringin, aneh banget. Mereka bersikeras gue untuk membuka amplopnya,’’ terang dia.

Beruntung, Gilang langsung menyadari jika itu merupakan modus penipuan. Dia pun menolak untuk membuka amplop tersebut.

“Gue gak buka amplopnya. gue langsung berpikir ini modus penipuan yang gue gak tau abis gue buka amplopnya skenario apa yang terjadi,” ucap Gilang.

“Kalo gue buka kemungkinan bisa mengarah ke pemerasan yang ujungnya mereka minta duit,’’ imbuh dia.

Cerita Gilang Ridzky atau @notiondesire itu pun mendapat respons dari para netizen. Banyak yang menceritakan pengalaman mereka atau teman, yang juga mengalami kejadian serupa.

“Temen gue kejebak gni. Sama persis pertama yg antar paket 2 orang (barang amplop). Pas dia buka ternyata barang bukti GANJA di amplop. Padahal dia gak tau itu kiriman dari siapa,’’ papar pemilik akun @Andy Johan.

“Nilai Cek Palsu nya gede, karena penasaran kita bakal tergiring buat nelpon si pelaku yang di kartu nama itu, dan jreng..bisa terhipnotis deh,” timpal akun @grln_07 yang juga mengalami modus tersebut dengan iming-iming cek disertai kartu nama dan SIUP Perusahaan.

Sementara itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui bnn.go.id mengimbau kepada seluruh masyarakat agar betul-betul dapat menjaga kerahasiaan data diri. Jangan memberitahukan data diri kepada sembarangan orang, apalagi kepada yang tak dikenal.

"Beberapa kasus kejahatan narkotika yang berhasil terungkap oleh BNN kini mengarah pada modus memanfaatkan kelalaian masyarakat dan pengetahuan minim masyarakat tentang kejahatan Narkoba," terang BNN. 

Related

News 862608847084915333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item