Daftar 100 Tokoh Petisi yang Usulkan Pemakzulan Jokowi (Bagian 1)


Petisi 100 Penegak Daulat Rakyat merupakan sebuah gerakan yang mendesak pemakzulan Jokowi. Sejumlah tokoh dari berbagai golongan terlibat dalam gerakan ini. Mereka mendesak DPR dan MPR untuk memakzulkan Jokowi karena dugaan pelanggaran konstitusional. 

Petisi 100 menyatakan, ada sepuluh alasan pemakzulan Jokowi yang telah mereka sampaikan di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, 20 Juli 2023. "Pemakzulan semakin relevan setelah adanya pelanggaran-pelanggaran konstitusional baru yang dilakukan Jokowi," sebagaimana yang tertulis dalam siaran pers Petisi 100, Kamis, 7 Desember 2023. 

Petisi 100 menyepakati akar masalah semua persoalan bangsa adalah Jokowi. "Untuk itu menuntut pemakzulan Presiden Jokowi sesegera mungkin dan diadili," ujar Petisi 100. Mereka mengaku berkewajiban terhadap upaya menyelamatkan bangsa dan negara.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan isu mengenai pemakzulan tidak mengganggu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia mengatakan Presiden fokus bekerja untuk masyarakat di tahun pemilu 2024.

“Beliau tidak terlalu terganggu ya dengan wacana ini, karena beliau tetap bekerja seperti biasanya. Karena tugas pemerintahan semakin berat, terutama 2024 ini banyak hal yang harus diselesaikan oleh presiden,” kata Ari saat ditemui di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kompleks Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 16 Januari 2024.

Sejumlah tokoh yang menjadi bagian Petisi 100 antara lain mantan KASAD Jenderal TNI Purn. Tyasno Sudarto, mantan Ketua MPR Amien Rais, Sri Edi Swasono Guru Besar UI, Abdullah Hehamahua mantan Penasehat KPK, Presidium KAMI Yogyakarta Syukri Fadholi, Soenarko eks Danjen Kopassus, serta perwakilan Petisi 100 Marwan Batubara.

1. Tyasno Sudarto

Tyasno Sudarno merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat periode 1999-2000. Ia lahir pada 14 November 1948. Saat ini, Tyasno adalah satu dari delapan tokoh militer yang didapuk sebagai Anggota Dewan Penasihat Timnas AMIN. Selain itu, Tyasno juga pernah menduduki jabatan sebagai Pangdam IV Diponegoro dan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI.

2. Amien Rais

Amien Rais lahir di Solo, pada 26 April 1944. Ia merupakan mantan Ketua MPR pada periode 1999 - 2004. Ia turut membidani lahirnya reformasi dan berakhirnya era pemerintahan orde baru juga beberapa tokoh lainnya dan gerakan mahasiswa 1998. 

Pada 1998, Amien mendorong gerakan reformasi dengan mengangkat isu suksesi kepemimpinan nasional dan bergerak dengan mahasiswa dan masyarakat. Amien juga menyuarakan pekik reformasi dengan mahasiswa atas tak mampunya Soeharto mengatasi krisis yang multi-sektoral.

4. M. Taufiq

M. Taufiq merupakan dosen yang mengajar di Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Ia merupakan ahli hukum pidana dan menjadi Kuasa Hukum Majelis Wali Amanat UNS. 

5. Syukri Fadholi

Syukri merupakan Ketua Dewan Presidium Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Yogyakarta. Ia merupakan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan atau PP. Syukri bersama FUI memang sering mengkritik pemerintah, salah satunya adalah soal konflik Rempang. 

6. Marwan Batubara

Marwan adalah salah satu perwakilan Petisi 100. Ia adalah mantan anggota DPD RI periode 2004–2009. Marwan adalah pria kelahiran Delitua, Sumatera Utara pada 6 Juli 1955. 

Baca lanjutannya: Daftar 100 Tokoh Petisi yang Usulkan Pemakzulan Jokowi (Bagian 2)

Related

News 7628785995519706746

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item