Elektabilitas Anies-Muhaimin Turun, Benarkah karena Serang Prabowo?


Survei and Polling Indonesia (SPIN) melakukan survei terkait elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres dan partai pada 8-14 Januari 2024. Hasilnya, menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 50,9 persen. Kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Mahfud MD elektabilitasnya 23,5 persen dan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memiliki elektabilitas 18,7 persen. 

"Survei per awal Januari 2024 ini, perolehan suara dukungan terhadap paslon nomor urut 2 meningkat menjadi 50,9%. Sementara paslon nomor urut 1 dan 3 tampaknya terus mengalami degradasi," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei SPIN, Igor Dirgantara, Senin (15/1/2024). 

Igor menyoroti elektabilitas Anies-Muhaimin yang mengalami penurunan. Hal itu disebabkan oleh gaya debat Anies Baswedan yang terlalu banyak menyerang Prabowo Subianto. 

"Terutama paslon Anies-Muhaimin, cukup dalam terkoreksi. Koreksi dukungan tersebut merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo. Keinginan Anies untuk mendapatkan peningkatan poin dukungan justru yang memperoleh poin dukungan Prabowo," kata dia. 

Dalam surveinya, Igor juga menyebut 68,9 persen setuju proses Pemilu satu putaran. Dalam temuannya, masyarakat beralasan Pemilu dua putaran tidak efisien dan hanya menghabiskan anggaran. 

"Di samping dapat menghemat anggaran juga stabilitas sosial dan politik dapat segera menurun tensinya sehingga roda ekonomi dapat kembali berjalan normal," kata Igor. 

Survei SPIN dilakukan menggunakan teknik multistage random sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 Provinsi di seluruh Indonesia. Total sampel yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2178 responden dengan Margin of Error (MoE) level of confidence kurang lebih 2,1% dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Related

News 3677807652564180233

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item