Fitur Backup Data WhatsApp Tak Lagi Gratis Buat Pengguna Android


WhatsApp memastikan salah satu fiturnya tak lagi bisa dinikmati gratis oleh pengguna HP Android. Pengumuman ini sudah disampaikan sejak November 2023 lalu.

Adapun fitur yang tidak gratis di WA adalah backup alias cadangan. Sebelumnya, WhatsApp masih memperbolehkan pengguna menyimpan data di aplikasi seperti riwayat chat, foto, hingga video.

Kini backup data WhatsApp akan dialihkan ke aplikasi Google Drive. Jadi data WhatsApp akan mengurangi kapasitas gratis 15GB yang sudah disediakan Google. Artinya jika backup data melebihi kapasitas 15GB, maka pengguna diharuskan berlangganan Google Drive, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Selaasa (2/1/2024).

Meta selaku perusahaan induk WhatsApp mengonfirmasi kalau perubahan ini berlaku untuk semua pengguna HP Android pada semester pertama tahun 2024. Sebelum kebijakan berubah, pengguna bakal menerima notifikasi 30 hari yang ditampilkan langsung di aplikasi WhatsApp.

Tapi ada trik yang bisa dilakukan agar kapasitas Google Drive tidak membengkak berkat pencadangan data ini. Pengguna bisa mencadangkan data hanya dalam bentuk teks, tak perlu menyimpan file media seperti foto atau video.

Kebijakan ini mengikuti apa yang sudah dilakukan untuk pengguna iPhone, di mana cadangan data WA akan disimpan di iCloud milik Apple.

Related

Smartphone 7965493768289290014

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item