Kontroversi Hadis soal Sayap Lalat yang Mengandung Racun dan Penawar


Kajian mengenai hadis Nabi Muhammad tidak hanya dipersempit untuk membahas aspek riwayah dan dirayahnya saja. Perlu diketahui bahwa aspek riwayah sendiri dapat diartikan sebagai peninjauan hadis yang dilihat dari riwayatnya, apakah hadis tersebut disandarkan kepada Nabi Muhammad, para Sahabat atau Tabi’in.

Sedangkan aspek dirayah yaitu peninjauan mengenai kaidah-kaidah hadis dengan tujuan untuk mengetahui apakah hadis tersebut dapat diterima riwayatnya yang bersumber kepada Nabi Muhammad (maqbul) atau tidak (mardud).

Selain dua aspek di atas yang telah menghidupkan keilmuan hadis, hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam mengkaji hadis yaitu mengenai metodologi pemahaman hadis atau yang bisa disebut (Fiqh al-hadis).

Kajian Fiqh al-hadis ini digunakan dalam rangka mencoba menggali serta memahami isi kandungan di dalam setiap hadis Nabi. Sehingga dari nilai yang terkandung tersebut dapat diamalkan secara terus-menerus yang tidak terbatas dalam dimensi waktu tertentu.

Kita sebagai umat muslim dalam mengapresiasi ajaran Islam tidak hanya cukup dengan mengetahui pesan-pesan Allah SWT dan Rasul-Nya melalui ketaatan semata. Melainkan harus lebih jauh dalam menangkap pemahaman pesan-pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an maupun hadis, sebagai sumber utama pedoman umat muslim yang selalu selaras dengan perkembangan zaman.

Pada generasi para Sahabat tidaklah terlalu sulit dalam memahami setiap hadis Nabi. Sebab mereka bisa bertemu langsung dengan Rasulullah, dan juga mengetahui latar belakang munculnya setiap hadis Nabi.

Sehingga ketika ada satu hadis yang tidak dipahami oleh mereka, bisa langsung dikonfirmasi kepada Rasulullah. Seperti contoh ketika Sayyidah Aisyah RA tidak bisa memahami apa yang disampaikan Baginda Nabi, karena telah bertentangan dengan Al-Qur’an, maka beliau langsung meminta penjelasan kepada Rasulullah.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, dari Nabi, beliau bersabda:

“Barang siapa yang dihisab, maka ia akan diazab.” Aisyah berkata, “Aku bertanya, “Bukankah Allah Ta’ala berfirman, “Maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah?” Maka Beliau menjawab, “Itu (pemeriksaan yang mudah) adalah disodorkan amal (lalu dimaafkan), akan tetapi barang siapa yang diperiksa secara mendalam hisabnya, maka ia akan binasa.”  (HR: Bukhari)

Setelah berlalu beberapa generasi, hadis Nabi mulai tampak sulit untuk dipahami, baik dari redaksi kata-katanya yang telah dianggap asing, maupun isi kandungannya yang telah dianggap bertentangan dengan riwayat hadis lainnya.

Sampailah pada zaman modern saat ini, hadis Nabi tidak lagi hanya dianggap bertentangan satu sama lain, melainkan juga bertentangan dengan logika maupun pengetahuan modern. Hadis dianggap tidak familiar bahkan sampai tidak masuk akal.

Hal semacam ini yang biasanya dilakukan oleh sebagian kaum untuk mengkritik setiap hadis Nabi. Salah satu contoh hadis Nabi yang dianggap tidak logis dengan ilmu pengetahuan yaitu tentang dua sayap lalat yang satu mengandung racun, dan yang satunya lagi mengandung obat.

Redaksi hadisnya sebagai berikut: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah bersabda: Jika seekor lalat jatuh ke dalam minumanmu, maka benamkanlah (lalat itu sepenuhnya ke dalam minuman itu), dan kemudian buanglah (lalat) itu. Karena sesungguhnya pada sebelah sayapnya terdapat penyembuh (obat), manakala pada sebelah yang lain terdapat penyakit.” (HR: Bukhari)

Muhammad Rasid Ridha memberikan komentar mengenai isi kandungan hadis tersebut yang mengatakam bahwa hadis ini ganjil karena dua alasan. Pertama dilihat dari segi Rasulullah, hadis ini melanggar dua prinsip utama, yaitu: tidak menasihati agar menghindari sesuatu yang buruk, dan tidak menasihati agar mengindarkan diri dari sesuatu yang kotor.

Kedua, kemajuan ilmu pengetahuan tetap tidak mampu mengetahui apa bedanya antara kedua sayap lalat. Jika perawinya tidak membuat kesalahan dalam meriwayatkan hadis tersebut, maka hadis ini dipandang sebagai ilham dari Allah SWT.

Berbeda dengan Ibnu Hajar al-Asqalani yang memberikan penjelasan bahwa suatu kebenaran jika seekor lalat di salah satu sayapnya terdapat obat. Namun beliau belum memastikan sayap yang mana, kanan atau kiri yang mengandung obat atau panyakit itu.

Dalam ilmu biologi disebutkan bahwa bakteri bisa dimusnahkan dengan antibiotik. Jika hal ini digunakan untuk memahami konteks hadis di atas, dapat diibaratkan ketika suatu penyakit terdapat di sayap kiri lalat tersebut berupa bakteri, virus atau sejenis patogen lainnya, maka bisa dimusnahkan oleh sayap kanan yang mengandung sejenis antibiotik.

Nabi Muhammad di dalam hadis di atas menganjurkan untuk membenamkan seluruh bagian lalat ke dalam wadah minuman lalu lalatnya dibuang. Karena jika tidak membenamkan seluruhnya, ditakutkan bahwa sayap yang terbenam merupakan sayap yang ada penyakitnya.

Para ahli mikrobiologi di zaman modern ini berusaha membuktikan secara ilmiah mengenai kandungan kedua sayap lalat. Seperti yang sudah dilakukan oleh Dr. Rehan Muhammed Atta, seorang dokter lulusan Universitas Kairo.  

Ia membuktikan bahwa dua sayap lalat memiliki kandungan yang berbeda. Sayap lalat yang kiri ditemukan bakteri dan fungi yang berkembang. Sedangkan pada sayap yang kanan tidak ditemukan mikroorganisme patogen, baik bakteri maupun fungi.

Dr. Reham Muhammed Atta melakukan penelitian ini dengan cara mengambil ekstrak sayap kanan maupun kiri lalat, lalu diinkubasi yang dilihat di bawah mikroskop.

Terakhir, jika ditinjau dari segi hukum fiqih dalam memahami isi kandungan hadis (Fiqh al-hadis) di atas, menurut Imam Syafi’i hal ini berkaitan dengan masalah najis. Terdapat dua pendapat mengenai permasalahan ini, yaitu ada yang mengatakan najis dan ada juga yang mengatakan tidak najis.

Namun pendapat yang kuat mengatakan bahwa lalat yang masuk ke dalam makanan atau minuman tidak menyebabkan najis, sebab lalat merupakan insecta (serangga) yang tidak memiliki pembuluh darah. Jika dihukumi najis maka Rasulullah tidak akan memberikan anjuran membenamkan seluruh bagian lalat ke dalam makanan dan minuman. Wallahu a’lam bishawab.

Related

Moslem World 2473552744626394267

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item